Sabtu, 16 Oktober 21

PDIP Mampu Usung Calon Sendiri dalam Pilkada Magelang

PDIP Mampu Usung Calon Sendiri dalam Pilkada Magelang
* Aji Setyawan, anggota Fraksi PDIP DPRD Kota Magelang, Jawa Tengah. (Foto: dok. pribadi)

Magelang, Obsessionnews – Pilkada serentak di seluruh Indonesia akan digelar pada Desember 2015. Untuk menghadapi pilkada yang telah di ambang pintu tersebut, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Magelang, Jawa Tengah, dewasa ini membuka pendaftaran bakal calon (balon) walikota dan wakil walikota. Yang sudah mendaftar 5 balon walikota dan 9 balon wakil walikota yang terdiri dari incumbent atau petahana, pengusaha, anggota DPRD, tokoh masyarakat, dan lain sebagainya.

Para balon walikota dan wakil walikota itu akan mengikuti seleksi, termasuk diperkenalkan kepada publik untuk mengetahui tingkat elektabilitas atau keterpilihannya.

Pada Pemilu 2014 PDIP menempatkan 7 kadernya duduk di kursi DPRD Kota Magelang dari total 25 kursi. “Sesuai persyaratan parpol dapat mengusung calonnya sendiri apabila memenuhi persyaratan minimal 25% kursi di DPRD atau 5 kursi di DPRD. Nah, karena PDIP mempunyai 7 kursi di DPRD atau lebih dari 25%, PDIP mengusung calonnya sendiri,” kata Aji Setyawan, anggota DPRD Kota Magelang kepada obsessionnews.com, Selasa (24/3).

Pria yang juga Ketua Taruna Merah Putih DPC PDIP Kota Magelang ini menambahkan, jika menghendaki koalisi dengan partai lain, tentu itu wewenang calon yang diusung oleh PDIP selama tidak bertabrakan dengan agenda partai ke depannya.

Aji belum mau mengungkapkan siapa balon walikota dan wakil walikota yang bakal diusung PDIP, karena masih dalam proses penjaringan.

Pada Pemilu 2014 PDIP meraih kursi terbanyak di DPRD Kota Magelang. Dari 25 kursi yang diperebutkan, PDIP memperoleh 7 kursi. Golkar berada di peringkat kedua dengan perolehan 4 kursi. Posisi ketiga dan keempat Partai Demokrat dan PKS yang sama-sama mendapat 3 kursi, diikuti Gerindra 2 kursi, Hanura 2 kursi, PKB 2 kursi, PAN 1 kursi, dan Nasdem 1 kursi. (Nissa)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.