Selasa, 29 November 22

PDI-P Satu-Satunya Belum PAW Anggota DPR yang Jadi Menteri

PDI-P Satu-Satunya Belum PAW Anggota DPR yang Jadi Menteri

Jakarta, Obsessionnews – Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) menjadi satu-satunya partai yang belum melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) terhadap anggota DPR yang kini menjabat sebagai menteri di Kabinet Kerja Joko Widodo – Jusuf Kalla.

Anggota Fraksi PDI-P yang dilantik sebagai menteri tersebut adalah Puan Maharani yang menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Pramono Anung sebagai Sekretaris Kabinet (Seskab).

Sementara, Fraksi lainnya yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH) sudah melakukan PAW bagi anggotanya yang dilantik sebagai menteri. Seperti F Hanura sudah PAW Saleh Husen yang ditunjuk sebagai Menteri Perindustrian. Kemudian, F NasDem sudah mengganti HM Prasetyo yang dilantik sebagai Jaksa Agung.

Ketua F Hanura di DPR Nurdin Tampubolon menuturkan, partainya sudah ‚Äémelakukan PAW terhadap Saleh sejak Januari lalu, meski Hanura hanya mendapat jatah menteri satu.
“Sudah kok. Pak Saleh sudah kita PAW,” kata Nurdin saat dihubungi, Kamis (10/9/2015).

Usai di PAW, Fraksi Hanura kemudian melantik pengganti Saleh di parlemen. Kini, pengganti Saleh yang berasal dari Dapil yang sama yakni Ferry Kase, ia telah bekerja di DPR pada sidang Paripurna 22 Januari 2015 dan duduk di Komisi X sebagai anggota.

Sama halnya dengan Hanura, F PKB juga sudah me PAW tiga anggota DPR yang diangkat menjadi menteriMereka adalah Marwan Jafar sebagai Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertingga (Mendes PDT), Hanif Dhakiri sebagai Menteri Tenaga Kerja (Menaker) dan Imam Nahrowi sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

“Ada 4 kader PKB yang menjadi menteri, tiga diantaranya dari anggota dewan. Tapi semua sudah clear, sudah di PAW semua,” kata anggota II DPR dari PKB Yanuar.

Ia memaparkan PAW tiga kadernya tersebut. Imam Nahrowi di PAW dengan Arzeti Bilbina yang saat ini duduk di Komisi VIII. Marwan Jafar di PAW oleh Arvin Hakim Toha dan Hanif Dhakiri di PAW oleh kader PKB dibawah perolehan suara hasil Pileg 2014 lalu dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur.

“Kalau PAW pak Hanif saya lupa namanya, tapi yang pasti sudah di PAW dari Dapil asalnya Jatim,” tegasnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.