Senin, 23 Mei 22

PDI-P dan Gerindra Bakal Jadi Penentu Kekalahan Ahok

PDI-P dan Gerindra Bakal Jadi Penentu Kekalahan Ahok
* Koalisi PDI Perjuangan dan Gerindra dinilai bakal menjadi partai penentu dalam Pilkada DKI Jakarta 2017.

Jakarta, Obsessionnews.com – PDI Perjuangan (PDI-P) dan Gerindra dinilai bakal menjadi partai penentu dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Demikian dikemukakan Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago di Jakarta, Rabu (10/8/2016).

“Partai dan elite penentu pada kontestasi pilkada DKI ialah PDI-P dan Gerindra. Kalau dua partai ini, benar benar mewujudkan keinginan membentuk koalisi besar, bisa jadi petahana tumbang,” kata Pangi.

Penilaian tersebut, ungkap Pangi, didasarkan pada tren di banyak pilkada dimana calon petahana kerap kalah jika kontestasi pemilihan kepala daerah hanya tertuju pada dua kutub kekuatan saja.

Untuk mengalahkan gubernur DKI Jakarta petahana, jelasnya, PDI-P dan Gerindra memiliki kesempatan mengulang sejarah pilkada DKI Jakarta sebelumnya yang mengusung Jokowi (PDI-P) dan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (Gerindra).

Di lain sisi, Pangi meyakini bahwa koalisi besar PDI-P-Gerindra bersama lima partai lain yang dinamakan Koalisi Kekeluargaan dapat menjadi saingan berat bagi Ahok selaku petahana.

“Koalisi Kekeluargaan yang terdiri dari gabungan tujuh parpol itu cukup efektif dan tepat, serta menjadi ancaman serius bagi Ahok. Koalisi itu sinyal akan lahir dua kutub kekuatan. Bahwa koalisi Ahok yang didukung Golkar, Nasdem, dan Hanura ditantang oleh koalisi kekeluargaan tujuh partai,” pungkas Pangi. (Fath/@imam_fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.