Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

PDI-P Bakal Dukung Ahok-Djarot?

PDI-P Bakal Dukung Ahok-Djarot?
* Djarot Saiful Hidayat dan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Jakarta, Obsessionnews.com Hanya PDI Perjuangan (PDI-P) yang mampu mengusung calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) di Pilkada DKI Jakarta 2017, tanpa berkoalisi dengan partai politik (parpol) lain. Sesuai peraturan cagub dan cawagub lewat jalur parpol di Pilkada DKI didukung minimal 22 kursi DPRD, sementara PDI-P memiliki 28 kursi.

Hingga kini PDI-P belum memutuskan siapa cagub dan cawagub yang bakal diusungnya pada Pilkada DKI 2017. Akhir-akhir  ini muncul desakan dari berbagai elemen masyarakat agar PDI-P mengusung Tri Rismaharani atau Risma. Namun, PDI-P belum memutuskan memilih Wali Kota Surabaya tersebut.

Keinginan sejumlah elemen masyarakat untuk menarik Risma ke Jakarta, karena mereka berkeyakinan hanya Rismalah yang mampu menandingi  Basuki Tjahaja Purnama. Gubernur petahana DKI yang akrab disapa  Ahok tersebut akan maju di pilkada mendatang lewat jalur parpol. Ia didukung Partai NasDem, Partai Hanura, dan Partai Golkar.  Total kursi yang dimiliki ketiga parpol tersebut di DPRD adalah 24 kursi, dengan rincian NasDem 5 kursi, Hanura (9), dan Golkar (10).

Meski tidak mendaftarkan diri sebagai cagub di PDI-P, Ahok ternyata menjadi incaran partai berlambang kepala banteng dengan moncong putih ini. Di berbagai kesempatan Ahok menyatakan ia memiliki hubungan yang dekat dengan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri. Megawati mempunyai hak prerogatif menentukan cagub yang bakal diusung PDI-P.

Sinyal dukungan PDI-P kepada Ahok diungkapkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI-P Hasto Kristiyanto di kantor DPP PDI-P, jl. Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (10/8/2016). Hasto mengatakan, ada tiga opsi bagi partainya untuk mengusung pasangan cagub dan cawagub pada Pilkada DKI 2017.

Opsi pertama, kata Hasto, adalah mendukung Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Djarot merupakan salah satu Ketua DPP PDI-P dan saat ini menjabat Wakil Gubernur DKI.

Opsi kedua, adalah dengan melaksanakan proses penjaringan. Hasto mengatakan, PDI-P menghargai seluruh pihak yang telah daftar dan mengikuti penjaringan di DPD PDI-P DKI dan DPP PDI-P. DPP PDI-P telah mengerucutkan enam nama pendaftar yang lolos fit and proper test.

Kemudian opsi ketiga adalah pilihan di luar opsi pertama dan kedua.

Apakah opsi ketiga itu Risma yang akan dipilih PDI-P? (@arif_rhakim)

Baca Juga:

Elektabilitas Tinggi Bukan Jaminan Kesuksesan Ahok

Pengamat: Tak Miliki Kedekatan Ideologis, Yusril Sulit Direkrut PDI-P

Pendukung Risma Pasang Spanduk ‘Robohkan Ahok yang Sombong’

Mengejutkan! Dhani Minta MUI Haramkan Ahok Masuk Masjid

Teman Ahok Akan Gelar Rekapitulasi Sejuta KTP

Teman Ahok Tidak Lagi Ngotot Ahok Harus Lewat Independen

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.