Rabu, 3 Juni 20

PBB Sesalkan Dunia Telah Kecewakan Muslim Rohingya

PBB Sesalkan Dunia Telah Kecewakan Muslim Rohingya
* Pengungsi Muslim Rohingya di Bangladesh

Penasihat Khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk Pencegahan Genosida, Adama Dieng menyatakan, semua bukti yang diterimanya menunjukkan bahwa pemerintah Myanmar berusaha memusnahkan Muslim Rohingya di negara bagian Rakhine.

Pada hari Selasa (13/3/2018), Adama Dieng menyatakan bahwa jika bukti yang baru-baru ini disampaikan kepadanya terbukti kebenarannya, maka itu “merupakan kejahatan genosida.”

Dieng membuat ucapan tersebut setelah melakukan perjalanan ke Bangladesh, di mana dia telah pergi untuk mengevaluasi situasi orang-orang Rohingya.

“Kampanye yang digali bumi yang dilakukan oleh pasukan keamanan Myanmar sejak Agustus 2017 melawan populasi Rohingya dapat diprediksi dan dapat dicegah,” katanya.

Muslim Rohingya

Dia menambahkan, kelambanan masyarakat internasional mereaksi kejahatan di Myanmar telah memusnahkan “kehidupan, kehormatan dan rumah warga Rohingya.”

Lebih lanjut dijelaskannya, masyarakat internasional tidak boleh kembali mengecewakan warga Muslim Rohingya, dan harus melindungi mereka dari risiko kejahatan lebih lanjut.

“Baik ini dianggap sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan atau genosida, seharusnya ini tidak menunda tekad kita untuk beraksi dan segera bertindak.”

Sebelumnya, pemerintah Myanmar kembali menolak tuduhan menyalahgunakan hak-hak minoritas Muslim Rohingya di Rakhine, dengan mengatakan bahwa temuan baru Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam hal ini tidak dapat diandalkan. (ParsToday)

Baca Juga:

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.