Kamis, 23 Mei 19

PBB: Myanmar Lakukan Genosida Bantai Muslim Rohingya

PBB: Myanmar Lakukan Genosida Bantai Muslim Rohingya
* Tentara Myanmar bakar rumah muslim Rohingya.

Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia PBB, Zeid Ra’ad Al Hussein mengatakan, kuat dugaan bahwa genosida telah dilakukan terhadap Muslim Rohingya di negara bagian Rakhine, Myanmar.

Al Hussein, seperti dikutip Reuters, Rabu (7/3/2018) menuturkan, laporan tentang perusakan desa-desa dan kuburan massal dengan buldozer menunjukkan usaha yang disengaja oleh otoritas Myanmar untuk menghilangkan bukti-bukti kejahatan internasional, termasuk kemungkinan kejahatan terhadap kemanusiaan.

“Kantor saya memiliki kecurigaan yang kuat bahwa genosida telah terjadi di Rakhine sejak Agustus 2017,” tegasnya.

Al Hussein menambahkan, pembersihan etnis masih berlangsung di Rakhine.

“Ada upaya yang disengaja untuk memaksa warga Rohingya meninggalkan daerah tersebut akibat kelaparan, di mana otoritas Myanmar menghalangi akses mereka terhadap hasil panen dan pangan,” tandasnya.

Pemerintah Myanmar belum memberikan komentar apapun mengenai hal ini dan Dewan HAM PBB telah memberi mereka kesempatan untuk menanggapi sampai hari Kamis.

Tim pencari fakta Dewan HAM PBB, yang dipimpin oleh mantan Jaksa Agung Indonesia, Marzuki Darusman, akan melaporkan temuan awal berdasarkan wawancara dengan para korban dan orang-orang yang selamat di Bangladesh dan negara-negara lain pada 12 Maret depan. (ParsToday)

Baca Juga:

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.