Rabu, 21 Oktober 20

Pasty, Pilihan Wisata Satwa dan Tanaman Hias

Pasty, Pilihan Wisata Satwa dan Tanaman Hias

          Yogyakarta Yogyakarta tidak sekadar Malioboro, Beringharjo, atau Prambanan saja. Ada juga Pasty, pasar hewan dan tanaman hias yang istimewa. Tempat ini suasananya berbeda dibanding tempat wisata lainnya. Anda yang penyuka satwa dan tanaman hias, Pasty merupakan tempat yang nyaman untuk dikunjungi.

Relokasi dari pasar Ngasem yang tradisional pada waktu itu kondisinya sudah tidak layak. Kemudian pasar hewan dan tanaman hias dipindahkan ke Pasty, Jalan Bantul nomor 141 km 1, Gedongkiwo, Mantrijeron.

Menurut Kasubag TU UPT Pasty, Akhmad Soubandi, terlihat dari tata ruang kota Jogja, pasar Ngasem yang tadinya mungkin tidak teratur kemudian dipindahkan ke tempat yang lebih luas, bersih, dan teratur seperti di Pasty.

Tahun 2009 lalu Pasty dibangun guna menjadi lokasi pasar hewan dan tanaman hias kota Jogja yang baru. Hingga kini Pasty menjadi pusat pasar hewan dan tanaman hias yang luas di kota Jogja. Untuk bagian sebelah barat ada beraneka ragam jenis tanaman hias dan ikan hias. Dan sebelah timur aneka burung dan hewan seperti burung, reptil, anjing, kucing, serta perlengakapan dan peralatan hewan peliharaan di rumah anda.

Pasty untuk wisata belajar anak
Pasty untuk wisata belajar anak

Mulai tahun 2010, tepatnya 22 April, Pasty sudah bisa digunakan untuk aktivitas jual-beli, atau sekadar ingin melihat-lihat aneka jenis hewan dan tanaman hias. Pengunjung di sini bisa ikut belajar bercocok tanam, bagaimana memelihara ikan, dan tentunya kuliner juga ada di tempat ini.

Selain Anda berwisata kemari, Pasty cocok untuk wisata belajar anak-anak anda. Rata-rata pengunjung yang datang ada sekitar 700 orang per harinya.

Jika Anda ingin jalan-jalan di Pasty, lebih segar jika di pagi hari. Suasana pasarnya yang ramai dan penuh kicauan burung atau ocehan hewan lainnya seperti kucing dan anjing. Anda bisa menyusuri dari toko satu ke toko lainnya.

Mari kita mampir ke toko aneka hewan reptil, salah satunya toko reptil yang berada di sebelah timur pasar ini anda bisa menemukan aneka ular, iguana, kadal Papua, kalajengking, tokek yang bervariasi warna dan bentuknya.

“Untuk iguana mulai dari harga Rp 600.000. aneka ular hijau, piton, kobra dimulai dengan harga Rp 300.000 hingga jutaan rupiah. Berbagai warna dan bentuk menurut selera anda,” ujar Wawan, salah satu pedagang reptile beberapa waktu lalu.

Adapun jenis ular yang harganya puluhan juta rupiah tergantung jenis ular tersebut. Di sini juga bisa menjadi tempat perawatan reptil peliharaan anda. Bagi anda yang menginginkan hewan reptil anda dirawat dalm kurun waktu tertentu.

Selain itu, banyak jenis ikan hias yang dijual di sini. Jenisnya pun bermacam-macam, ada koki, koi, komed, layang-layang, dan lainnya. Harga bekisar Rp 4.000 hingga ratusan ribu rupiah.

Ada juga aneka hamster, kucing, maupun anjing. Anda bisa melihat-lihat jenis hamster dimulai dengan harga Rp 35.000 satu pasang. Jenis hamster yang bisa Anda pilih seperti robow alias pelari cepat, panda, dan masih banyak lagi. Sementara untuk aneka burung, ada merpati, owl atau burung hantu, love bird.

Tidak perlu khawatir jika Anda kehabisan pilihan yang Anda suka. Di Pasty ada 418 pedagang baik dari pedagang hewan maupun tanaman hias. Ada juga kubah burung disini yang di dalamnya jenis burung merak.

Fasilitasnya pun memadai, seperti air siap minum di beberapa sudut Pasty ini. Ada beberapa kamar mandi dan mushola. Untuk setiap hari Senin dan Jumat sore, Pasty mengadakan latihan burung bersama. Bagi anda pecinta burung bisa ikut berpartisipasi disini. Pasty buka setiap hari pukul 05.00-17.00 WIB. Selamat jalan-jalan. (Anissa Nurul Kurniasari)

 

Related posts