Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Pasokan Listrik dan BBM Idul Fitri 2017 Wilayah Sumut Aman

Pasokan Listrik dan BBM Idul Fitri 2017 Wilayah Sumut Aman
* Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar.

Press Release

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar melakukan kunjungan kerja ke PT PLN (Persero) Pembangkit Belawan Sumatera Utara (Sumut) dan Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Wilayah Sumut, Senin (19/6/2017), untuk memastikan pasokan listrik dan BBM wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) menjelang dan selama Idul Fitri 2017 dalam kondisi aman.

“Hari ini menjadi kunjungan ketiga di bulan Ramadhan untuk memastikan kondisi listrik dan BBM menghadapi Idul Fitri 1438 2017. Sebelumnya saya sudah berkunjung ke Balikpapan juga diskusi dengan PLN dan Pertamina, minggu lalu di Riau juga melihat kesiapan, dan hari ini saya ke Medan”, ungkap Wamen Arcandra membuka sambutannya.

Wamen Arcandra mengungkapkan pasokan listrik wilayah Sumut terpantau aman setelah beroperasinya Pembangkit Listrik Terapung atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) Onur Sultan sehingga menambah kapasitas pembangkit Sumbagut sebesar 240 MW.

“Menyangkut lebaran, kondisi kelistrikan di Sumut saya yakin tidak akan kekurangan daya apalagi kita akan meninjau MVPP 240 MW dari Turki dan bisa ditingkatkan dayanya menjadi dua kali lipat. Ini sebuah terobosan untuk menambah daya, dari Pemerintah kita mendukung program yang bisa dengan cepat mengatasi kekurangan daya, kedepannya saya harap ada solusi jangka panjang yang permanen.

MVPP Onur Sultan dengan kapasitas 240 MW telah tiba di Pelabuhan Belawan Medan pada hari Minggu, 21 Mei 2017, dan telah disinkronkan dengan sistem kelistrikan Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) pada tanggal 9 Juni 2017. Saat ini daya sistem Sumbagut menjadi 2.223 MW, dengan beban puncak tertinggi Sumut 1.558 MW dan Aceh 355 MW,dengan ini cadangan daya di Sumbagut menjadi 310 MW

MVPP Onur Sultan disewa PLN selama 5 tahun ke depan memiliki beberapa kelebihan lainnya, yakni mulai dari tidak membutuhkan lahan untuk membangkitkan listrik, mobilitas relokasi cepat, fleksibilitas dalam penggunaan bahan bakar, konsumsi bahan bakar lebih hemat, tingkat produksi limbah relatif rendah, dan pengaruh kebisingan terhadap masyarakat relatif lebih rendah.

Melanjutkan kunjungannya di hari yang sama, Wamen Arcandra juga melakukan kunjungan ke TBBM Grup Medan untuk memastikan pasokan BBM Wilayah Sumatera Utara aman.

“Kunjungan kedua hari ini yaitu untuk memastikan kondisi BBM aman menjelang Idul Fitri 2017 sejalan dgn usaha Pemerintah sehingga tidak terjadi kejadian seperti tahun-tahun sebelumnya, sehingga persediaan BBM cukup untuk H-7 dan H+7, alhamdulillah bisa diantisipasi oleh Pertamina, ungkap Wamen Arcandra saat melakukan konferensi pers.

Hal yang sama juga diapresisasi oleh Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu bahwa usaha Pemerintah bersama dengan PLN dan Pertamina untuk terus membuat masyarakat menjalankan tradisi mudik lebarannya tiap tahun sudah semakin baik.

“Untuk pasokan BBM tiap tahun pasti ada, kesiapan Pertamina sangat bagus untuk menghadapi lebaran. Terima kasih juga kepada Pemerintah dan PLN yang kurang dari 6 bulan MVPP sudah bisa berjalan, kalau yang normatif 5 tahun baru terlaksana. Tapi memang yang menjadi catatan keluhan stok premium tolong jadi perhatian”, tambah Gus Irawan.

Hadir dalam kunjungan tersebut Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Kepala BPH Migas, Direksi PT PLN (Persero) dan Direksi PT Pertamina (Persero). (Sujatmiko, Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.