Jumat, 24 September 21

Paslon Pilkada Serentak Harus Perhatikan Prosentase Dukungan

Paslon Pilkada Serentak Harus Perhatikan Prosentase Dukungan

Jakarta, Obsessionnews –¬†Tahapan demi tahapan Pilkada serentak yang akan digelar pada 9 Desember 2015, telah dijalankan oleh penyelenggara pemilu, khususnya Komisi Pemilihan Umum (KPU). salah satunya penyerahan syarat dukungan Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati/Walikota dan Wakil Walikota.

KPU memastikan pengumuman syarat dukungan setiap Paslon ditingkat Kabupaten/Kota 11 Juni 2015 mendatang. Namun, yang harus diperhatikan adalah prosentase syarat dukungan setiap Paslon. “Mulai hari ini di tingkat provinsi sampai nanti kab/kota. Nanti masa pengumuman kab/kota itu tanggal 11,” kata Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah, Senin (8/6/2015).

Ferry menjelaskan, yang harus diperhatikan dalam syarat dukungan setiap Paslon adalah soal jumlah dukungan sesuai prosentase tertentu yaitu 6,5-10 persen, itu harus sesuai dengan jumlah prosentase. Lalu soal sebaran dukungan, 50 persen dari daerahnya, Baik kecamatan di Kab/Kota atau Kab/Kota di provinsi.

“Nanti kami akan cek jumlah rekap dukungan dan sebaran betul-betul sesuai dengan persyaratan yang ada. Baru setelahnya verifikasi administrasi dan factual,” terangnya.

Selain itu, pihak KPU juga akan mengecek soal dukungan ganda pada syarat dukungan setiap paslon Pilkada serentak. “Ya kami akan cek. Kalau memang muncul akan diverifikasi di tingkat factual. Kami juga sudah menginfokan tentang system informasi pencalonan. Di situ ada aplikasi yang khusus paslon atau tim kampanye atau yang terkait dengan kita, dalam konteks analisis kegandaan tadi. Yang harus diserahkan itu hard copy dan soft copy, ini kita sinkronkan. Kalau masih belum sesuai maka dikembalikan lagi,” kata Ferry.

Ferry menjelaskan, jumlah dan sebaran dukungan harus fix. Bahwa nanti KTPnya tidak sesuai dengan tanda tangan dukungan, misal ada problem ganda, nanti dicek secara administrasi dan factual. Missal hasilnya masih ada perbaikan, maka proses dilanjutkan setelah pendaftaran. Mereka masih bisa daftar, asal mekanisme awalnya benar.

“Kalau pas tanggal pendaftaran itu sudah confirm, tidak boleh kurang. Ketika nanti verifikasi ada yang ganda kan dicoret. Nanti berkurang, ada masa perbaikan. Perbaikan dilakukan setelah tanggal 26 Juli. Yang penting syaratnya fix dulu waktu pendaftaran. Ngga boleh misalnya syarat dukungan 100 ribu mereka mendaftarkan 90 ribu, itu ngga boleh,” pungkasnya. (Purnomo)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.