Kamis, 9 Desember 21

Pasca Pilgub, Pemerintah Papua Nugini Umumkan Keadaan Darurat

Pasca Pilgub, Pemerintah Papua Nugini Umumkan Keadaan Darurat
* Suasana di Mendi, Papua Nugini. (Dok. Abc)

Papua Nugini, Obsessionnews.com – Perdana Menteri Papua Nugini Peter O’Neill mengumumkan keadaan darurat sembilan bulan dan membekukan pemerintah setempat setelah kerusuhan baru-baru ini di wilayah Mendi, ibukota Dataran Tinggi Selatan.

Pemerintah juga telah mengirim pasukan bersenjata untuk memulihkan ketertiban setelah para perusuh terus mengamuk dan membakar, seperti dilansir laman The Guardian, Senin (18/6/2018).

“Tindakan orang yang merusak properti di Mendi telah membuat jijik bangsa. Polisi akan menyelidiki setiap agitator, dan setiap orang yang terlibat dalam kerusuhan,” kata O’Neill.

Kekerasan sering merusak pedalaman terpencil negara Pasifik yang kaya sumber daya itu, di mana perselisihan suku dan tanah melanda politik regional.

Seperti diketahui, massa yang bersenjata marah kepada pengadilan atas pemilihan gubernur (Pilgub) daerah, lalu membakar sebuah pesawat terbang, menjarah gudang dan membakar bangunan. Setelah membuat kerusuhan, para demonstran itu langsung pergi pada malam hari. Tidak ada yang terluka atau terbunuh.

“Ini adalah gangguan besar dan besar,” kata polisi setempat Naring Bongi kepada Reuters via telepon.

Sekitar 100 dan 200 orang bersenjata dengan tongkat dan senjata tiba dari desa-desa di sekitarnya dengan truk bak terbuka ketika mereka mendengar tentang kegagalan tantangan pengadilan atas Pilgub September lalu dari lawan politik sebagai gubernur.

“Mereka memiliki senjata api. Kami menghadapi mereka tetapi kami tidak menghentikannya karena orang-orang ini benar-benar marah. Jika kita menembak mereka, mereka akan membunuh kita. Apakah mereka akan melakukan ini lagi besok, atau seterusnya, saya tidak tahu,” ungkap Bongi. (Popi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.