Jumat, 25 September 20

Pasca Pengeboman Lebanon akan Ciptakan Ketegangan Baru di Timur Tengah

Pasca Pengeboman Lebanon akan Ciptakan Ketegangan Baru di Timur Tengah
* Hendrajit. (Foto: dok. pribadi)

LEBANON berbatasan langsung dengan Suriah di utara dan timur, serta Israel di selatan. Mengingat kenyataan Lebanon berada di kawasan Timur Tengah, krisis Suriah yang berlangsung sejak 2011 dan belum tuntas hingga kini, instabilitas politik pasca pengeboman Lebanon barang tentu akan menciptakan ketegangan baru di Timur Tengah.

Terutama negara-negara yang ada temali langsung dengan krisis Suriah seperti Iran dan Irak yang terletak di sebelah selatan dan Turki, di sebelah timur, Asia Tengah, yang saat ini adem ayem aja, sontak akan mengeliat lagi, sehingga pada perkembangannya akan menciptakan destabilisasi di Asia Tengah. Hal ini tak lepas dari fakta bahwa Israel yang berbatasan langsung dengan Lebanon di selatan, selama ini dianggap ujung tombak AS-NATO dalam ikut menggoyang pemerintahan Bashar al Assad di Suriah.

Kadang-kadang perang dunia bisa meletus bukan karena ledakan ekonomi atau politik, melainkan ledakan psikologis. Seperti terbunuhnya Pangeran Franz Ferdinand menjelang meletusnya Perang Dunia I. Atau terbunuhnya Rasputin, penasihat spiritual Tsarina Alexendra menjelang meletusnya Revolusi Bolschewik Rusia 1917.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.