Selasa, 2 Maret 21

Pasar Senen Terbakar, Ini 5 Rekomendasi IKAPPI

Pasar Senen Terbakar, Ini 5 Rekomendasi IKAPPI

SIARAN PERS
Dewan Pimpinan Pusat
Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI)


Kebakaran Pasar Senen Jakarta, DPP IKAPPI keluarkan 5 Rekomendasi awal
Kebakaran Pasar Senen Jakarta Pusat, kian menambah daftar panjang pasar tradisional di Indonesia yang terbakar. Ini seperti alarm peringatan bagi kita semua untuk terus meningkatkan kewaspadaan atas potensi terjadinya kebakaran. Terutama di pasar-pasar besar di seluruh Indonesia.

Duka mendalam kami sampaikan kepada seluruh pedagang Pasar Senen Jakarta Pusat yang menjadi korban kebakaran. Kami juga menerima ungkapan duka dari berbagai pedagang pasar yang ada di seluruh Indonesia. Musibah kebakaran Pasar Senen ini merupakan musibah besar yang menyita perhatian publik dan kami nyatakan sebagai duka Nasional Pasar Tradisional di Indonesia. Karenanya, kebakaran Pasar senen harus ditangani secara serius.

Menurut data yang dihimpun oleh DPP IKAPPI sejak 1974 Pasar Senen Jakarta Pusat sudah mengalami 8 kali terjadi kebakaran. Belum lekang dalam ingatan kita terjadi kebakaran besar di wilayah yang sama di Pasar Senen yang terjadi pada tanggal 25 dan 26 April 2014 di blok III yang menghanguskan kurang lebih 3000 kios.

Pada Kamis 19 Januari 2017 pukul 04.00 WIB kembali menumpahkan air mata pedagang pasar senen jakarta pusat. Jika merujuk pada data Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD DKI Jakarta Sementara ini total jumlah kios yang terbakar 1012 kios terbakar. kerugian pedagang kami taksir sementara sebesar Rp101,2 miliar. Namun kami pastikan bahwa kerugian yang timbul tidak kecil dan masih bisa bertambah sampai api benar benar bisa dipadamkan. Maka dari itu harus ada langkah cepat dari pemerintah daerah agar nasib para pedagang di Pasar Senen Jakarta Pusat tidak semakin terpuruk.

Terkait indikasi kebakaran, kami masih menggali informasi dan data lebih mendalam. Saat ini Tim Investigasi dari DPP IKAPPI bersama pedagang Tengah turun langsung ke Pasar Senen guna ikut melakukan pemadaman dan mengumpulkan data serta informasi dari saksi mata terkait musibah kebakaran pasar tersebut.

DPP IKAPPI mengeluarkan 5 Rekomendasi awal dalam penangani korban kebarakan Pasar Senen. Kami berharap rekomendasi tersebut mendapatkan perhatian serius dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

5 Rekomendasi awal DPP IKAPPI

1. Menambah armada Damkar untuk mempercepat proses pemadaman dan pendinginan, termasuk mengisolasi blok pasar yang masih aman dari api.

2. Pemerintah DKI Jakarta segera melakukan pendataan kepada seluruh pedagang korban kebakaran meliputi juga jumlah kerugian yang mereka terima dalam waktu sesegera mungkin. Pemerintah propinsi harus memastikan seluruh pedagang korban kebakaran terdata dan tidak ada yang terlewatkan.

3. Segera menurunkan tim psikologis dan kesehatan guna menanggulangi beban psikologis pedagang yang banyak terguncang akibat musibah ini.

4. Pemerintah DKI Jakarta dapat mengambil alih penanganan dan pengelolaan blok 1 dan 2 Pasar Senen dari pengelola PT Pembangunan Jaya. Demi terjaminnya percepatan koordinasi dan penanganan korban kebakaran.

5. Pemerintah Propinsi DKI Jakarta wajib mengupayakan dan memastikan percepatan pembangunan tempat berdagang sementara (penampungan) di lokasi Senen, Jakarta Pusat dan tidak memungut biaya sepeser pun. agar pedagang tidak larut dalam duka dan bisa segera kembali berdagang. Dan mengijinkan berdagang di wilayah lokasi pasar serta memanfaatkan lokasi-lokasi strategis guna dijadikan tempat berdagang sementara sampai pasar selesai dibangun.

 

IKAPPI berharap 5 rekomendasi awal ini dilaksanakan secara serius oleh pemerintah DKI Jakarta setempat demi percepatan pemadaman dan kelangsungan hidup para pedagang pasar yang menjadi korban dan kehilangan tempat berdagang untuk mencari rezeki.


Abdullah Mansuri
Ketua umum DPP IKAPPI

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.