Selasa, 7 Mei 24

Pasar Rakyat Pagi Kebumen Resmi Beroperasi, Pedagang Tak Lagi Kehujanan dan Kepanasan

Pasar Rakyat Pagi Kebumen Resmi Beroperasi, Pedagang Tak Lagi Kehujanan dan Kepanasan
* Bupati Kebumen Arif Sugiyanto meresmikan Pasar Rakyat Pagi Kebumen.

Obsessionnews com – Setelah menunggu empat bulan proses pembangunan, Pasar Rakyat Pagi Kebumen, Jawa Tengah, yang berada di Stanplat Colt resmi beroperasi pada Minggu 12 November 2023. Lebih dari 600 pedagang kini sudah menempati pasar yang lebih repesentatif.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengatakan, Pasar Rakyat Pagi Kebumen ini merupakan doa dan harapan dari para pedagang agar bisa memiliki tempat yang nyaman dan aman untuk berjualan. Mereka sebelumnya berdagang di halaman Pasar Tumenggungan, dan sempat direlokasi sementara ke Stadion Candradimuka.

“Kita bersyukur apa yang selama ini diharapkan oleh para pedagang untuk memiliki pasar yang layak bisa terwujud. Kita beri nama Pasar Rakyat Pagi, sesuai nomenklatur dari Kementerian Perdagangan bahwa yang dibangun pemerintah adalah Pasar Rakyat,” tuturnya.

Namun karena ini merupakan pasar pagi, maka pemerintah daerah memberikan imbuhan nama menjadi Pasar Rakyat Pagi Kebumen. Bupati mengatakan, pasar ini dibangun dengan luas 18 x 70 meter, dan menggunakan anggaran dari Kementerian Perdagangan sebesar Rp2,6 miliar.

“Yang terpenting dari pembangunan ini adalah pedagang tidak lagi kehujanan dan kepanasan terlebih memasuki musim hujan. Di. sekitar pasar sudah kita bangun drainase agar air langsung mengalir ke selokan, tidak banjir,” ucapnya.

Diakui Bupati, jumlah pedagang pasar pagi cukup besar sehingga tidak bisa menampung semua. Masih banyak pedagang yang berjualan di luar bangunan, termasuk di enperan toko. Ia meminta masyarakat untuk bersabar karena pembangunan akan berlanjut.

“Kita memahami masih banyak pedagang yang berjualan di luar bangunan. Ke depan akan kita perluas lagi, ruko-ruko di stanplat colt akan kita tata lagi, agar lebih longgar, wajah pasar juga bisa tampak dari luar. Kemudian kita tambah sedikit taman agar terlihat estetik,” terangnya.

Pasar pagi ini, tutur Bupati, masih terintegrasi dengan stanplat colt. Pedagang hanya berjualan dari pagi dini hari hingga pukul 08.00 WIB. Kemudian Bupati memastikan semua pedagang yang menempati pasar baru tidak dikenakan biaya lapak. “Jadi ini gratis, tidak ada sewa atau bayar lapak, hanya retribusi kebersihan,” ucapnya.

Sementara itu Ngasarotun salah seorang pedagang ayam sayur dari Pejagoan menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati karena telah dibuatkan bangunan yang lebih layak. Ia berharap dengan adanya lokasi ini, pedagang ke depan tidak lagi dipindah-pindah.

“Alhamdulilah, sudah dibuat tempat yang enak, tidak kepanasan, tidak kehujanan. Dulunya kan di emperan pasar Tumenggungan, kemudian dipindah ke stadion, sekarang dibuatkan di stanplat colt. Semoga ke depan tidak lagi dipindah. Sudah di sini saja, kalau ada yang kurang cukup ditata dan diperbaiki,” ucapnya.

Pedagang lain Riswanto yang biasa berjualan sayur juga mengaku bersyukur sudah dibuatkan tempat baru. Ia sedikit mengeluhkan lokasi lapaknya yang kecil. Para pedagang di sini hanya diberi lapak seluas 1 meter persegi. Meski begitu ia memahami karena jumlah pedagangnya cukup banyak.

“Kalau nggak segitu (satu meter) mungkin pedagang juga nggak bisa masuk semua. Ini saja masih banyak yang jual di luar. Jadi ya sudah kita memahami, karena adanya seperti ini. Kita syukuri. Ke depan mungkin bisa diperluas lagi, agar yang jualan di luar juga punya tempat,” ucapnya. (al) 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.