Minggu, 28 November 21

Pasar Johar Terbesar se-Asia Tenggara Dibangun Ulang

Pasar Johar Terbesar se-Asia Tenggara Dibangun Ulang

Semarang, Obsessionnews.com – Usai terbakar hebat pada tahun 2015 lalu, Pasar Johar Semarang Jawa Tengah akan segera dibangun ulang dengan tetap mempertahankan arsiteksturnya yang unik tersebut. Pasar tradisional terbesar se-Asia Tenggara ini rencananya akan rampung dua tahun lagi.

“Revitalisasi Pasar Johar ini harus dibiayai sepenuhnya olah pemerintah. Saya berharap Detail Engineering Design (DED) tidak asal-asalan. Jangan hanya proyek saja,” kata Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, Kamis (15/9/2016).

Diperkirakan sebanyak 7.000 pedagang akan bisa tertampung di Pasar Johar yang baru. Pihaknya meminta para pemerhati cagar budaya, untuk terus memberi masukan soal perkembangan pasar berarsiteksur Belanda-Timur Tengah ini.

“Karena bangunan ini masuk cagar budaya, maka untuk yang nanti membangun harus memperhatikan konsep konservasi, ” jelas dia.

“Maka penataan ulang pasar nanti diharapkan tetap memperhatikan sisi kenyamanan dan kerapian bagi para pedagang, ” sambung Hendar.

Persiapan desain revitalisasi Pasar Johar juga datang dari sejumlah instansi. Berbagai diskusi digelar agar Pasar Johar menjadi benar-benar baru dan kembali berdiri sebagai ikon kota Semarang. Seperti kata Pelaksana Harian Kepala Dinas Tata Kota dan Perumahan Kota Semarang, Mohamad Irwansyah, yang menggelar forum diskusi.

Tujuannya, untuk memperoleh masukan dan informasi yang bersifat lokal dan spesifik agar perencanaan Pasar Johar bisa tersusun secara optimal. Karena realisasi pembangunan fisik pasar akan dimulai bertahap pada 2017 mendatang.

“Harapan kami dengan perencanaan dan pelaksanaan fisik yang baik, Pasar Johar dan kawasannya akan menjadi ikon Kota Semarang dan kebanggaan warga masyarakat Kota Semarang, ” katanya

Pasar Johar dibangun tahun 1939 oleh arsitek Belanda Thomas Karsten. Arsitektur Pasar berstruktur Cendawan yang kuat dan memiliki nilai artistik. Paska kebakaran pada 10 Mei 2015 lalu, desain dari arsiterkstur asli Pasar Johar justru semakin terlihat. (ifg)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.