Selasa, 28 Juni 22

Pasangan Risma-WS Bisa Dikalahkan

Pasangan Risma-WS Bisa Dikalahkan

Surabaya, Obsessionnews – Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya Tri Rismaharini dan Whisnu Sakti Buana (WS) bukan kandidat yang tidak bisa dikalahkan. Meski memiliki popularitas dan elektabilitas tinggi, namun calon petahana ini masih sangat mungkin tersaingi dalam pemilihan wali kota (Pilwali) Surabaya 2015. ‎

Pengamat politik dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Hariyadi memandang partai politik (parpol) masih memiliki waktu untuk mempersiapkan calonnya.

“Dengan durasi waktu pilwali yang masih sekitar lima bulan lagi, parpol di Surabaya mempunyai waktu untuk memoles calonnya agar bisa menyaingi Risma-WS”, katanya, Sabtu (11/7/2015).

Karena itu, Hariyadi mendorong parpol untuk mengusung pasangan calon. Ketika parpol tidak berpartisipasi lantaran khawatir kalah bertarung, justru itu akan membahayakan partai itu sendiri. Bisa jadi masyarakat akan menuding parpol yang tidak ikut berpartisipasi dalam Pilwali disebut pengecut.

“Itu (tidak berpartisipasi) akan jadi boomerang bagi parpol. Dalam pemilu langsung semua serba terbuka. Di atas kertas memang sudah unggul (Tri RismahariniWisnu Sakti Buana). Tapi bisa jadi menjelang hari H elektabilitas pasangan ini bisa saja turun ketika ada isu yang mendiskreditkan mereka,” jelasnya.

Hariyadi mengklaim, elektabilitas pasangan Tri Rismaharini dan Wisnu Sakti Buana sangat tinggi. Bahkan, pasangan ini memiliki mesin partai yang kuat lantaran didukung oleh PDI Perjuangan. Di Surabaya, PDI Perjuangan meraih sebanyak 15 kursi di DPRD Kota Surabaya. Pasangan ini juga tidak terpecah. Artinya, ada salah satu yang maju dengan menggunakan parpol lain.

“Incumbent yang terpecah saja itu sudah kuat. Apalagi ini bersatu. Akan sangat-sangat kuat. Soal komunikasi antar keduanya, saya kira komunikasinya akan baik,” tandasnya. (GA Semeru)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.