Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Partisipasi Pemilih Pilkada Diprediksi Rendah

Partisipasi Pemilih Pilkada Diprediksi Rendah

Padang, Obsessionnews – Partisipasi pemilih pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) 2015, dikhatirkan rendah. Indikasi partisipasi pemilih rendah karena sosialisasi minim jelang pelaksanaan pilkada yang akan dilaksanakan 9 desember mendatang.

Kepala Biro (Kabiro) Hubungan Masyarakat (Humas) Sekretaris Daerah (Setda) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Irwan dalam sambutannya saat pembukaan pertemuan Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) yang digelar Rabu (28/10), mengatakan indikasi partisipasi masyarakat pada pilkada 2015, karena sosialisasi dinilai masih minim.

“Saat ini Biro Humas tengah berupaya untuk menganggarkan dana sebesar 300 juta rupiah untuk melakukan sosialisasi pilkada 2015, namun anggaran tersebut masih dalam proses verifikasi,” kata Irwan.

Ia berharap kedepan, dengan adanya poster-poster dan baliho berupa ajakan kepada masyarakat untuk melaksanakan pilkada sampai ke tingkat nagari sehingga akan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pilkada badusanak serentak 2015.

Dalam kesempatana yang sama, Ketua Komis I DPRD Sumbar Marlis menyinggung masalah rendahnya pengetahuan masyarakat terhadap pilkada yang akan dilaksanakan, siapa calon Gubernur dan Wakil Gubernur, serta siapa calon Bupati dan Wakil bupati kemudian calon Walikota serta Wakil Walikota.

Marlis menjelaskan hal tersebut ketika ia membuktikan sendiri bahwa masih ada masyarakat yang belum kenal dengan calon kepala daerah yang akan dipilih, berikut pelaksanaan pilkada.

Ia menceritakan, ketika dia singgah disalah satu warung dan bertanya kepada salah seorang pengunjung warung tentang kapan dan siapa calon pimpinan daerah nya nanti, pengunjung tersebut bingung dan tidak mengetahui apa-apa tentang Pilkada tahun ini.

“Melihat kejadian ini siapa yang bertanggung jawab dan siapa yang salah. Apa yang harus dilakukan Humas Pemerintah sebagai corong informasi pemerintah kepada masyarakat, jika anggaran untuk pilkada tidak ada,” tanya Marlis.

Menurut Marlis, peran humas sangat sentral ketika untuk mensukseskan Pilkda. Humas mesti tetap menjalankan fungsinya dengan tetap menjaga netralitas.

Marlis berharap melalui kegiatan sosialisasi akan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pilkada dan menghasilkan kepala daerah yang berkualitas.

Biro Humas Sekdaprov Sumbar bersama Lanud Tabing, Padang menggelar pertemuan Bakohumas sekaligus Rendezvous Jurnalis Sumbar 2015 di Komplek Lanud Tabing, Padang.

Peserta kegiatan terdiri dari Humas Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumbar, praktisi kehumasan Kabupaten/ Kota se-Sumatera Barat, Praktisi Kehumasan dilingkungan Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Provinsi Sumbar, serta para jurnalistik yang ada di Sumatera Barat. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.