Senin, 16 Desember 19

Partai Koalisi Jokowi Buka Peluang Beri Kursi Pimpinan MPR ke PAN

Partai Koalisi Jokowi Buka Peluang Beri Kursi Pimpinan MPR ke PAN
* Ruang sidang MPR RI. (Foto: dok Tempo.co)

Jakarta, Obsessionnews.com – Partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja (KIK) membuka peluang bagi Partai Amanat Nasional (PAN) untuk mendapatkan salah satu kursi pimpinan MPR. Namun, partai kubu Jokowi itu meminta terlebih dahulu diajak bicara.

“Buat kami tidak ada masalah, kita membicarakan lebih awal, terkait posisi pimpinan MPR. Sebagai salah satu tawaran konteks bersama KIK,” kata Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily, Selasa (30/4/2019).

Berdasarkan hasil penghitungan cepat sejumlah lembaga survei partai KIK sangat mendominasi parlemen. Dengan begitu KIK bisa membantu PAN untuk mendapatkan jatah kursi tersebut.

Dalam UU MD3 yang baru saja revisi mengatur pimpinan DPR diisi oleh fraksi-fraksi berdasarkan jumlah kursi di parlemen. Artinya 5 pimpinan DPR akan diisi oleh 5 besar partai di DPR. Sementara untuk MPR, pimpinannya akan diatur bersama dengan DPD atas kesepakatan fraksi-fraksi.

“Kalau menurut hitungan kami Insyaallah menguasai parlemen 60%, kalau kami mau, itu bisa dipastikan ada upaya dari kami dengan implikasi posisi kami yang kuat di DPR kan,” sebut Ace.

Meski begitu, juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf ini menilai, PAN juga perlu melakukan pendekatan ke partai-partai KIK. Ace juga menilai, Zulkifli Hasan juga perlu menemui ketum-ketum partai KIK sebagai bentuk pendekatan itu.

“Kalau kami mayoritas harusnya begitu (PAN melakukan pendekatan). Kami sebagai koalisi, pembicaraannya bukan hanya dengan Pak Jokowi saja, seharusnya juga bicara dengan ketum-ketum kami,” tuturnya.

Ketum PAN Zulkifli Hasan disebut meminta Jokowi untuk membantu PAN mendapatkan kursi pimpinan MPR dengan memberi masukan kepada parpol di KIK yang akan mendominasi pada periode DPR/MPR 2019-2024 nanti. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.