Senin, 17 Januari 22

Parpol Harus Berikan Keseimbangan Pada Pemerintahan

Parpol Harus Berikan Keseimbangan Pada Pemerintahan

Jakarta, Obsessionnews – Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menilai eksistensi partai politik dalam sebuah pemerintahan harus menyeimbangkan antara tuntutan kepentingan dengan kontribusi pada negara. Pendapat itu dikemukakan terkait dengan perombakan susunan Kabinet Kerja oleh presiden Jokowi.

“Kalau hanya mau menuntut hak-haknya saja dan tidak mampu distribusikan kewajiban yang seimbang, saya pikir itu gak pas,” ujar Surya Paloh di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (13/8/2015).

Bos Media Grup itu mengatakan mestinya partai politik lebih mengutamakan kepentingan bangsa daripada berambisi untuk memenuhi hasrat pribadi atau kepentingan sendir-sendiri. Menurutnya sikap seperti itulah yang justru sangat kontraproduksif dengan keinginan bersama untuk mengeluarkan Indonesia dari ancaman keterpurukan.

“Esensinya bagaimana mengantarkan kepentingan bersama agar pemerintahan ini jadi pemerintahan yang efektif dan kuat serta mendelivered komitmen dan harapan mereka yang telah berjanji kepada masyarakat,” katanya.

Dia melanjutkan keputusan perombakan kabinet merupakan hak prerogatif presiden. Sehingga parpol hanya bisa menerima keputusan itu dengan kepala tegak dan tak perlu merasa rugi apabila salah satu anggotanya ada yang ikut dicopot. Sebab kata dia, prinsip melakukan reshuffle adalah demi perbaikan kualitas pemerintahan.

“Terlalu dini beri penilaian apakah ini akan berhasil atau tidak berhasil sesuai dengan harapan. Mari beri kesempatan untuk bekerja seraya doa agar mereka (para menteri) lebih efektif kerja,” tutur Surya Paloh. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.