Kamis, 23 September 21

Parmusi Bantu 100 Juta ke Pengungsi Rohingya di Aceh

Parmusi Bantu 100 Juta ke Pengungsi Rohingya di Aceh

Aceh, Obsessionnews – Ketua Umum DPP Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) H Usamah Hisyam menyerahkan bantuan logistik senilai Rp100 juta kepada pengungsi Rohingya di Lhoksukon, Aceh, Jumat (29/5).

Dalam kesempatan itu, Usamah mendesak pemerintah pusat lebih optimal dalam membantu para pengungsi karena hal ini adalah persoalan kemanusiaan. Karena itulah, Usamah menyesalkan adanya pejabat yang menganggap pengungsi Rohingya sebagai beban.

“Kita harus berpikir mendahulukan kemanusiaan, soal yang lain harus dikesampingkan dulu,” tutur Ketua Umum Parmusi.

Ketum Parmusi Usamah Hisyam bersama pengungsi Rohingya (1)Sementara itu, ratusan pengungsi Rohingya menyambut haru kedatangan pengurus Parmusi pusat dan Aceh. Mereka antusias menyalami dan melakukan doa bersama di tengah kondisi pinggir pantai yang panas.

Selain itu, DPP Parmusi juga memberikan bantuan kepada pengungsi Rohingya dan Bangladesh yang berada di Bireun Bayeun, Langsa, Aceh.

Ketum Parmusi Usamah Hisyam bersama pengungsi Rohingya (3)Sebelumnya, Ketua Komite Nasional Pemuda di Banda Aceh, Hasnanda Putra, meminta pemerintah untuk berbuat lebih banyak guna membantu Muslim Rohingya, termasuk menekan Myanmar untuk menyelesaikan masalah dalam perbatasannya yang menyebabkan umat Islam menungsi.

Sejak 2012, Rohingya – yang PBB anggap sebagai etnis minoritas paling teraniaya di dunia – telah berbondong-bondong melarikan diri dari negara itu, takut akan kekejaman dan pembantaian oleh ekstrimis Budha yang beberapa kelompok hak asasi manusia anggap disponsori negara.

“Presiden Joko Widodo harus bergerak lebih cepat untuk menekan Myanmar secara politik dan harus belajar empati dari Aceh karena banyak imigran yang kritis membutuhkan bantuan kita!” seru Putra.

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh, Teungku Faisal Ali, juga menegaskan, pemerintah tidak bisa membiarkan para imigran mati kelaparan. “Ini adalah kasus kemanusiaan, dan kita perlu keterlibatan masyarakat internasional untuk membantu mereka,” katanya Senin lalu.

“Ini adalah tragedi kemanusiaan yang harus kita semua pecahkan bersama-sama,” tambahnya. (Rud)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.