Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Parlemen Yunani Dukung Paket Reformasi Ekonomi PM Tsipras

Parlemen Yunani Dukung Paket Reformasi Ekonomi PM Tsipras
* Paket reformasi ekonomi PM Yunani mendapatkan dukungan 251 suara dari parlemen. (bbc.co.uk)

Eropa – Parlemen Yunani mendukung paket reformasi ekonomi pemerintah untuk mengakhiri krisis utang dan mengamankan dana talangan baru.

Setelah perdebatan yang berlangsung sampai tengah malam, PM Alexis Tsipras meraih dukungan dari partai di parlemen tetapi sejumlah anggota partainya justru ada yang menolak paket ekonomi yang disodorkan pemerintah atau memilih abstain.

Dukungan dari anggota parlemen terhadap paket reformasi ekonomi pemerintah Yunani, dilihat dari jumlah suara yang memilih “Ya” 251 orang, 32 menyatakan “Tidak” dan delapan orang dinyatakan “Hadir” artinya abstain. Sembilan orang tidak hadir.

Rakyat Yunani memilih "Tidak" dalam referendum tentang prasyarat pemberian dana talangan. (bbc.co.uk)
Rakyat Yunani memilih “Tidak” dalam referendum tentang prasyarat pemberian dana talangan. (bbc.co.uk)

Diantara anggota parlemen yang memilih abstain dari partai Syriza yang berkuasa, yaitu Ketua Parlemen Zoe Constantopoulou dan Menteri Energi Panagiotis Lafazanis.

PM Tsipras meminta dana talangan sebesar €53,5 milliar atau sekitar RP 794 trilliun untuk menutupi utang Yunani sampai 2018.

Sebagai gantinya, dia menawarkan perbaikan dana pensiun, kenaikan pajak dan privatisasi – kebijakan yang ditolak dalam referendum Minggu lalu.

Sebelumnya, Tsipras mengakui sejumlah elemen dari paket tersebut meleset dari janji yang pernah disampaikan partainya.

Bank-bank Yunani disebutkan kehabisan uang. (bbc.co.uk)
Bank-bank Yunani disebutkan kehabisan uang. (bbc.co.uk)

EU Sambut Positif
Proposal tersebut akan dikaji oleh menteri keuangan Eurozone EU. Sebelumnya Eurozone terkejut atas pilihan rakyat Yunani yang menolak prasyarat pemberian dana talangan dalam referendum yang digelar Minggu (5/7) lalu.

Sumber EU mengatakan kreditor Yunani – Komisi Eropa, Bank Sentral Eropa dan Dana Moneter Internasional – meyakini rencana tersebut positif.

Pejabat Eurozone juga diperkirakan akan membahas permintaan Yunani untuk menjadwal ulang sejumlah utang.

Menurut pantauan BBC di Athena, paket reformasi Yunani mencerminkan sebuah penurunan bagi perdana menteri, yang terpilih melalui partai sayap kiri radikal Syriza karena memiliki platfom kebijakan yang kuat.

Tetapi, PM Tsipras mengungkapkan pemerintahnya telah melakukan kesalahan dan mengatakan proposal barunya menawarkan kesepakatan terbaik bagi Yunani. (bbc.co.uk)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.