Rabu, 1 Desember 21

Para Duta Dirangsang Melirik Kota Bandung

Para Duta Dirangsang Melirik Kota Bandung

Bandung,  Obsessionnews.com – Usai melakukan Business Meeting dengan delegasi dari 7 negara di Amerika Selatan dan Karibia, Wali Kota Bandung, M. Ridwan Kamil mengajak para perwakilan negara tersebut menghadiri Summer Food Festival yang diadakan di Plaza Balai Kota Bandung, Minggu (21/08/2016).

Acara yang mengusung tema ‘Presenting South American and Caribbean Countries’ tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan Ridwan Kamil dengan perwakilan negara-negara Amerika Selatan dan Karibia pada Desember 2015 di Jakarta. Pada forum tersebut Ridwan mengajak para duta besar yang hadir pada saat itu untuk tidak hanya melirik ibukota Jakarta saja untuk dijadikan rekan bisnis.

“Saya ceritakan Bandung, kenapa Bandung, tahun ’55 Asia Afrika,  kotanya juga kota yang ramah dan menyenangkan,” terang Ridwan. Maka hari ini negara-negara tersebut hadir untuk menampilkan kekayaan budaya khas negara mereka kepada masyarakat Bandung.

RK - Dubes 2

Ridwan berharap kerja sama ini dapat membuat produk-produk yang berasal dari Bandung dapat tembus ke pasar Amerika Selatan dan Karibia. “Bagaimana produk-produknya Bandung Jawa Barat bisa tembus mereka,” tutur Ridwan.

Salah satu program unggulan yang diajukan Ridwan untuk dibawa ke Amerika Selatan dan Karibia adalah Little Bandung. Little Bandung adalah brand promosi produk KUKM Kota Bandung ke luar negeri.

“Little Bandung ini juga sudah mulai didukung oleh duta besar-duta besar Indonesia di Amerika Selatan,” ungkap Ridwan.

Menurut laporan Dinas KUKM Perindag, sudah ada 5 duta besar yang membawa produk-produk Bandung untuk dipamerkan di negara perwakilan mereka. “Jadi artinya hubungannya bisa jauh lebih baik,” imbuhnya.

RK - Dubes 3

Ia menambahkan, sebagian besar produk yang dibawa untuk pameran di Amerika Selatan adalah produk fesyen, makanan kering, dan kerajinan tangan.

Summer Food Festival yang digagas oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bandung bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri ini menghadirkan 30 tenant yang terdiri dari produk lokal Kota Bandung serta stand-stand negara Amerika Latin dan Karibia. Adapun negara-negara yang berpartisipasi dalam Summer Food Festival ini antara lain Argentina, Peru, Suriname, Kuba, Venezuela, Brazil, dan Colombia.

Selain stand pameran, ada pula penampilan budaya khas tiap-tiap negara, seperti Cappoeira, Zumba, Tango, dan demo masak makanan khas Amerika Latin dan Karibia. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.