Senin, 23 Mei 22

Papa Minta Saham Terpilih Sebagai ‘Topic of The Year 2015’

Papa Minta Saham Terpilih Sebagai ‘Topic of The Year 2015’
* Setya Novanto usai menjalani sidang Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) dalam kasus Papa Minta Saham, Senin (7/12/2015). Setya akhirnya mundur sebagai Ketua DPR.

Jakarta, Obsessionnews – Isu ‘Papa Minta Saham’ yang melibatkan Setya Novanto (eks Ketua DPR RI) terpilih sebagai topik paling panas sepanjang tahun 2015. Topik ini mengalahkan empat topik panas lainnya, yakni pencalonan Budi Gunawan sebagai Kapolri, gejolak rupiah, bencana asap, dan hukum mati terpidana narkoba.

Akun media sosial (medos) DennyJA’s World dan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) dalam siaran persnya Senin (21/12/2015), menyatakan setiap akhir tahun, dimulai tahun ini, akan memilih topik terpanas. Di tahun 2015, kasus ‘Papa Minta Saham’ yang terpilih.

Kasus Papa Minta Saham menyita perhatian dan implikasi politik praktis yang tak tertandingi oleh isu lainnya. Secara politik, kasus ini melibatkan pemimpin tertinggi pemerintahan di eksekutif, seperti dicatutnya nama Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk meminta saham.

Kasus ini juga melibatkan Ketua DPR dan bersidangnya Majelis Kehormatan Dewan. Ujung dari kasus ini juga mundurnya seorang Ketua DPR yang tak pernah terjadi sepanjang sejarah politik Indonesia.

Kasus ini juga melibatkan elemen masyarakat penting lain, seperti pengusaha, civil society ataupun demonstasi jalanan. Sekitar sebulan lebih lamanya kasus ini menjadi puncak perhatian tak tergantikan.

Dari sisi publikasi, kasus ini menjadi headline berkali-kali. Di dunia medsos, ia pun acapkali menjadi trending topics dan perdebatan emosional diantara netizen.

Kasus ini juga membuka tradisi yang baik untuk penguatan demokrasi. Setya Novanto ikut menumbuhkan tradisi mundurnya pejabat publik setelah ia terindikasi melakukan pelanggaran atas etika jabatan, apalagi melanggar kewenangan jabatan. Dengan mundur sedini mungkin aneka social cost yang mungkin timbul bisa diminimalisasi.

Tahun 2015, Denny JA’s World dan LSI memantau berbagai topik yang menjadi polemik di tengah masyarakat. Antusiasme masyarakat untuk mendiskusikan topik-topik tersebut dapat dilihat dari banyaknya perbincangan baik di media massa maupun di medsos sosial. Topik-topik tersebut segera berubah menjadi ratusan judul berita, puluhan artikel, dan jutaan rekaman percakapan di sosial media—menjadi viral atau trending topik.

Selama satu tahun, Denny JA’s World bekerjasama dengan LSI melakukan penilaian terhadap aneka topik terpanas yang menjadi bahan diskusi masyarakat luas. Berdasarkan sejumlah kriteria, diperoleh 5 topik paling panas selama tahun 2015.

Kriteria yang dipakai Denny JA’s World dan LSI untuk menentukan 5 topik terpanas itu adalah: Pertama, topik yang paling banyak diberitakan oleh media massa baik cetak, elektronik dan online selama minimal dua minggu berturut-turut ketika topik itu muncul. Kriteria Ini dibuat untuk mengukur urgensi atau nilai berita dari topik tersebut.

Kedua, topik tersebut harus menjadi pusat pembicarakaan publik yang terekam di media sosial. Denny JA’s World bersama LSI merekam aneka topik yang berhasil menjadi meme, debat Facebooker, twitwar, hingga trending topic. Kriteria ini penting untuk melihat awareness public terhadap isu yang sedang muncul ketika itu.

Ketiga, isu tersebut, karena keluasan dimensinya, harus memancing aneka diskusi dan debat lanjutan yang memiliki relevansi terhadap isu yang sedang muncul. Alat ukur yang paling mudah untuk menentukan masuk atau tidaknya sebuah topik ke kriteria ini adalah dengan melihat munculnya gugatan hukum, class action, petisi, demonstrasi atau lainnya.

Setelah mempertimbangkan ketiga kriteria tersebut, Denny JA’s World dan LSI melakukan Focus Group Discussion (FGD) untuk menentukan 5 topik paling panas sepanjang 2015. Dari FGD yang melibatkan para ahli di bidang survei opini publik, komunikasi massa, dan media strategis, disimpulkan bahwa 5 topik berikut ini merupakan topik paling panas sepanjang 2015:

1. Pencalonan Budi Gunawan sebagai Kapolri(Januari – Februari 2015)
2. Hukum Mati Terpidana Kasus Narkoba (April-Mei 2015)
3. Gejolak Nilai Tukar Rupiah (Agustus 2015)
4. Bencana Asap Riau (Oktober 2015)
5. Kasus Papa Minta Saham (Desember 2015)

Dari daftar pendek 5 topik terpanas tersebut, Denny JA’s World dan LSI kembali melakukan FGD untuk menentukan topic of the year. Melalui diskusi tersebut, diputuskan bahwa kasus Papa Minta Saham menjadi isu yang paling panas dan paling penting tahun2015. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.