Kamis, 23 September 21

Pansel Serahkan 18 Nama Calon Anggota Ombudsman ke Istana

Pansel Serahkan 18 Nama Calon Anggota Ombudsman ke Istana

Jakarta, Obsessionnews – Panitia Seleksi (Pansel) calon anggota Ombudsman RI telah merampungkan hasil kerjanya selama beberapa bulan terakhir hingga merujuk pada 18 nama calon. 18 nama dimaksud secara resmi diserahkan kepada Presiden Jokowi melalui Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

“Kami dari Pansel sudah melapor kepada bapak presiden melalui Mensesneg tentang hasil dari seleksi calon Ombudsman RI,” ujar Ketua Pansel Agus Dwiyanto saat menggelar jumpa pers di kantor Kemensesneg, Jakarta, Jumat (13/11/2015).

Agus mengatakan di dalam memilih 18 orang itu, Pansel memperhatikan beberapa kriteria dan pertimbangan. Pansel memiliki keinginan bahwa calon yang terseleksi memiliki kemampuan dalam tiga hal.

Pertama, membangun hubungan jejaring dengan pemerintah dan lembaga tinggi negara. Kedua, punya jaringan yang luas dengan akar rumput dan masyarakat. Dan ketiga, calon harus memiliki kemampuan untuk mengembangkan sistem dan kelembagaan Ombudsman.

“Kita sangat concern ya dengan peran Ombudsman ke depan karena kita melihat tantangan yg dihadapi bangsa sangat besar, menghadapi globalisasi dan aspirasi publik yang makin tinggi,” katanya.

Oleh karena itu, Pansel ingin anggota Ombudsman ke depan disamping membangun kompetensi internal, kelembagaan yang kuat, bisa meyakinkan berbagai pihak supaya rekomendasi Ombudsman diperhatikan dan dipatuhi.

“Kita juga memperhatikan representasi dari perempuan agar nanti juga kesetaraan gender dalam peran publik juga menjadi perhatian yang penting dari ombudsman,” tamba dia.

Pansel kata Agus juga memperhatikan pentingnya menjaga kelangsungan dari pengembangan Ombudsman itu sendiri dan perubahan yang diperlukan maka dari komposisi dari 18 itu, ada sebagian yang berasal dari daerah, kepala perwakilan, dari anggota dan juga calon anggota di luar itu.

“Sehingga tuntutan perubahan yang dituntut masyarakat pada Ombudsman juga bisa diperhatikan. Saya kira itu beberapa pertimbangan,” tutup Agus.

18 nama calon yang diserahkan kepada Presiden Jokowi yakni:
1. Adhar Hakim
2. Adrianus Eliasta Meliala
3. Ahmad Alamsyah Saragih
4. Ahmad Suadi
5. Alvin Lie Ling Piao
6. Amzulian Rifai
7. Anung Didik Budi Karyadi
8. Dadan Suharmawijaya
9. Djuni Thamrin
10. Gunarto
11. Helda Ritta Tirajoh
12. Hendra Nurtjahjo
13. Idham Ibty
14. Laode Ida
15. Lely Pelitasari Soebukty
16. Ninik Rahayu
17. Rohani Budi Prihatin
18. Sudarto. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.