Rabu, 22 September 21

Pansel KPK Kecewa Jika Komisi III DPR Tolak Capim KPK

Pansel KPK Kecewa Jika Komisi III DPR Tolak Capim KPK
* Destry Damayanti.

Jakarta, Obsessionnews – Panitia seleksi calon pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merasa kecewa bila Komisi III DPR RI menolak 8 Capim KPK yang sudah diserahkan namanya ke Presiden Joko Widodo.

Keta Pansel KPK Destry Damayanti mengatakan, bahwa UU memberikan tugas kepada DPR untuk memilih Capim KPK. “Tentu kami kecewa karena dalam undang-undang dikatakan bahwa DPR wajib memilih nama yang diajukan Presiden ke DPR. Bahasa undang-undang, itu wajib,” kata Destry saat dihubungi, Kamis (26/11/2015).

Destry juga mengatakan, metode yang dipakai Pansel KPK untuk menyeleksi dan memilih calon Ketua KPK bisa dipertanggungjawabkan. Selain itu, Pansel KPK juga sudah menjelaskan kepada Komisi III mengenai mekanisme seleksi.

“Kami tidak ingin masuk dalam proses politik di DPR, tetapi pilihan kami bisa dipertanggungjawabkan. Ada metodologinya danfair,” kata Destry.

Sebelumnya, Komisi III untuk menunda rapat pleno yang membahas kapan fit and proper test calon KPK dimulai. ‎Di internal fraksi Komisi III masih banyak yang mempersoalkan mekanisme yang dipakai Pansel KPK dan latar belakang profil Capim KPK.

Salah satunya, tidak adanya unsur dari kejaksaan, kemudian banyak Capim yang tidak memiliki pengalaman 15 tahun dalam bidang hukum, perbankan, keuangan dan ekonomi. Dan juga pembagian 8 Capim KPK menjadi empat bidang.‎ (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.