Kamis, 18 April 24

Panglima TNI Hadiri Pertemuan ke-13 ACDFIM di Laos

Panglima TNI Hadiri Pertemuan ke-13 ACDFIM di Laos

Laos, Obsessionnews – Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo beberapa waktu lalu, menghadiri acara The 13th Asean Chiefs of Defense Forces Informal Meeting (ACDFIM) di Don Chan Palace Hotel, Vientiane, Laos. ACDFIM merupakan pertemuan informal para Panglima Angkatan Bersenjata (Pangab) di kawasan Asean.

ACDFIM yang diselenggarakan mulai tanggal 11 sampai dengan 14 Maret 2016 dan dipimpin oleh Panglima Angkatan Bersenjata Laos Mayor Jenderal Souvone Leuangbounmy selaku Ketua ACDFIM ke-13 ini, bertujuan sebagai sarana untuk tukar-menukar pemikiran, pengalaman, keahlian dan juga sebagai sarana penyampaian pendapat dalam menghadapi tantangan dan ancaman bersama negara-negara di kawasan Asean.

Panglima TNI Hadiri Pertemuan ACDFIM -2

Sedangkan sasaran yang ingin dicapai adalah diperolehnya persamaan persepsi dalam menciptakan stabilitas keamanan kawasan serta terjalinnya hubungan kerja sama yang baik, sehingga mempermudah koordinasi dalam menghadapi permasalahan yang terjadi di kawasan Asean.

Adapun agenda pertemuan ACDFIM ke-13 ini diawali dengan laporan hasil Asean Military Intelligence Informal Meeting (AMIIM) dan Asean Military Operations Informal Meeting (AMOIM), dilanjutkan dengan presentasi masing-masing Ketua Delegasi, dan diskusi rencana kerja kegiatan tahunan militer Asean serta diakhiri dengan penandatanganan keputusan bersama antara Pangab Asean tersebut.

Panglima TNI Hadiri Pertemuan ACDFIM -3

Delegasi dari Indonesia dipimpin oleh Panglima TNI dan didampingi Asrenum Panglima TNI Laksda TNI Agung Pramono, S.H., M. Hum, Asintel Panglima TNI Mayjen TNI (Mar) Achmad Faridz Washington, Askomlek Panglima TNI Marsda TNI Bonar Hutagaol, Kapuspen TNI Mayjen TNI Tatang Sulaiman, Kapuskersin TNI Laksma TNI Suselo, Waasops Panglima TNI Laksma TNI Harjo Susmoro dan beberapa staf terkait.

Panglima TNI Hadiri Pertemuan ACDFIM -4

Dalam rangkaian ACDFIM, Panglima TNI juga melaksanakan Bilateral Meeting diantaranya dengan Pangab Laos Major General Souvone Leuangbounmy (Chief of General Staff, Lao People’s Armed Forces); Pangab Myanmar Senior General Min Aung Hlaing (Commander-In-Chief of Defense Services Myanmar) dan Pangab Singapura Major General Perry Lim (Chief Of Defense Force Singapore Armed Forces). Bilateral Meeting ini bertujuan membahas mengenai peningkatan kerja sama militer dengan TNI dalam pendidikan dan latihan personel Angkatan  Bersenjata masing-masing negara. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.