Kamis, 8 Desember 22

Panglima TNI Dijadwalkan Buka Rakernas Gerakan Pramuka

Panglima TNI Dijadwalkan Buka Rakernas Gerakan Pramuka
* Adhyaksa Dault bersama jajaran pengurus Kwarnas Gerakan Pramuka bertemu dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Foto/Humas Kwarnas.

Jakarta, Obsessionnews.com – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka mengadakan pertemuan dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jawa Timur, Senin (19/2/2018). Pertemuan selama kurang lebih satu jam itu, berlangsung secara tertutup.

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault, Sesjen Kwarnas Rafly Effendi, Bendahara Kwarnas Kak Bagas Adhadirgha, Waka Kwarnas Bidang BUMGP Kak Ridjal J. Kotta, Waka Kwarnas Bidang Binawasa Susi Yuliati, Waka Kwarnas Bidang Orgakum Kodrat Pramudho, dan Waka Kwarnas Bidang Renbangma Marbawi.

Adhyaksa mengatakan, pertemuan ini membahas mengenai rencana kegiatan Kwarnas Gerakan Pramuka dalam waktu dekat, yakni Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang akan dihadiri 34 Ketua Kwarda seluruh Indonesia di Bogor, Jawa Barat pada akhir pekan ini. Rencananya, Panglima TNI akan hadir di acara tersebut.

“Tadi kita sudah bicara banyak dengan Panglima TNI tentang kegiatan Gerakan Pramuka yang sudah dilakukan dan yang akan dilakukan. Misalnya dalam waktu dekat ini kita akan akan mengadakan Rakernas, dan kita minta beliau bisa hadir di acara pembukaan,” ujar Adhyaksa.

Adhyaksa memaparkan banyak kegiatan yang sudah diadakan oleh Kwarnas Gerakan Pramuka. Di masa kepemimpinannya, banyak program terlaksana, seperti Jambore Nasional, Raimuna Nasional, Lomba Tingkat V, Kemah Putri Tingkat Nasional. Termasuk program-program kemanusiaan yang masih terus berjalan.

“Banyaklah, tadi kita sampaikan juga bahwa alhamdulillah agenda nasional yang sudah kita susun bisa terlaksana dengan baik. Meski anggaran minim tapi kita tetap jalan. Termasuk kegiatan Pramuka Peduli, sampai detik ini kita masih kirim bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina di Yordania,” jelasnya.

Dalam hal mendukung kampanye internet sehat, Kwarnas di bawah kepemimpinan Adhyaksa juga mempopulerkan tagline “Setiap Pramuka adalah Kantor Berita” dan merilis 10 Tugas Pramuka di Media Sosial yang salah satunya berbunyi “Membela dan mengamalkan Pancasila, NKRI, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, serta merawat harmoni dan solidaritas antarwarga media sosial” (poin keempat).

Adhyaksa menambahkan, ada ribuan kegiatan Pramuka setiap minggunya diadakan oleh Gerakan Pramuka dari berbagai tingkatan di seluruh Indonesia, dan kegiatan tersebut tidak mudah karena umumnya dilaksanakan di luar ruangan.

“Kami tidak bersedih meskipun kegiatan tersebut maupun kegiatan kerelawanan Pramuka lainnya jarang yang diliput media. Kami beruntung berkat pendidikan yang diberikan senior-senior Gerakan Pramuka terdahulu, kami memiliki Kakak-Kakak pembina yang ikhlas meluang waktu, pikiran dan tenaga. Tujuannya satu, yaitu membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup,” ungkapnya.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Kwarnas Gerakan Pramuka di tengah segala keterbatasannya. Terkait rencana Rakernas pada pekan ini, Ia mengusahakan untuk hadir jika tidak ada halangan. “Insya Allah kita usahakan hadir. Semoga tidak ada halangan,” jelasnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.