Kamis, 27 Januari 22

Panglima TNI dan Kapolri akan Tinjau Langsung Situasi Keamanan di Papua

Panglima TNI dan Kapolri akan Tinjau Langsung Situasi Keamanan di Papua
* Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo akan mengunjungi Papua. (Foto: TNI.mil.id)

Jakarta, Obsessionnews,com – Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo akan mengunjungi Papua demi meninjau langsung situasi keamanan di provinsi tersebut.

Informasi mengenai kunjungan itu disampaikan langsung oleh Panglima TNI saat ia membuka sesi paparan pada rapat kerja bersama Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (6/5/21).

“Dapat pula kami laporkan bahwa sore ini, saya beserta Kapolri akan berangkat menuju Papua. Kami memang tiap saat mendapat laporan mengenai situasi yang ada, tetapi komunikasi dan diskusi secara langsung dengan komandan di lapangan sangat kami perlukan,” kata Panglima TNI Hadi Tjahjanto ke anggota Komisi I DPR RI.

Walaupun demikian, Hadi tidak menjelaskan lebih detail mengenai agenda kunjungannya ke Papua dalam rapat kerja itu.

Ia terlihat keluar dari ruang rapat, didampingi beberapa jajaran-nya, langsung menuju ke pintu keluar Gedung Nusantara III, sekitar pukul 16.30 WIB.

Hadi sempat membalas sapaan sejumlah wartawan yang menunggu di luar ruang rapat. Namun ia memilih berlalu dan tidak bersedia untuk diwawancara oleh wartawan, utamanya mengenai agenda dia di Papua atau hasil rapat bersama Komisi I DPR RI.

“Nanti sama Kasal ya,” kata Hadi singkat kepada wartawan.

Perhatian terhadap situasi keamanan di Papua memuncak setelah Kepala Badan Intelijen Negara Daerah Papua Mayjen TNI Anumerta I Gusti Putu Danny Karya Nugraha gugur saat ada kontak senjata dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, bulan lalu.

Akan tetapi, panglima TNI tidak menyebut apakah kunjungannya ke Papua Kamis sore ini terkait dengan meningkatnya aktivitas KKB atau gerakan separatis lainnya, misalnya, Organisasi Papua Merdeka (OPM). (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.