Senin, 20 September 21

Panen Tapi Kok Stok Kosong ?

Panen Tapi Kok Stok Kosong ?

Jakarta, Obsessionnews – Seringkali, saat lumbung produksi beras melakukan panen tapi justru di sana pula stok kosong. Apa sebabnya ?

Sri Agustina, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan menilai, kosongnya persediaan beras di lumbung produksi lantaran banyaknya permintaan yang harus dipenuhi di luar daerah produksi. Sehingga, stok mengalami kekosongan.

Selain itu, pemerintah di tingkat pusat masih sering terpancing isyu kelangkaan stok dan fluktuasi harga. Lantas menurut Sri, jika dikaitkan dengan kedaulatan pangan, diharapkan bisa dijelaskan ke masyarakat segamblang mungkin.

“Kalau ada isyu kita harus bisa jelaskan ke masyarakat. Kita ada tim pengawasan terpadu. Kementerian Perdagangan jadi koordinator tapi di Kementerian lain bisa jalan sendiri,” kata Sri.

Selain itu, Sri juga mengatakan kalau Kementerian Perdagangan selalu menjadikan harga di pasar sebagai indikator utama.

“Dengan catatan dicek ada spekulasi atau tidak. Maka kalau bicara perdagangan, ada empat aspek yakni, apakah stok ada, seperti apa posisi produk sendiri, sarana dan prasarana, petaninya yang ada mata rantai perdagangan dan sistemnya,” kata Sri.(MBJ)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.