Jumat, 22 Januari 21

Panama dan Indonesia Miliki Peran Penting dalam Investasi Perdagangan

Panama dan Indonesia Miliki Peran Penting dalam Investasi Perdagangan
* Ilustrasi Investasi. (Foto: geunta.com)

Jakarta, Obsessionnews.comDubes RI untuk Panama Sukmo Harsono mengungkapkan, Panama bagi Indonesia memiliki peran penting dan strategis. Untuk itu, investasi dari kedua negara ini harus terjalin.

“Kepentingan Indonesia terhadap negara-negara di kawasan Amerika Tengah hingga Karibia pintu masuk jalur perdagangannya melalui Panama,” ujar Sukmo dalam keterangan tertulisnya, Senin (30/11/2020).

Secara politik, lanjut dia, Indonesia bisa mendapat dukungan dalam forum-forum Internasonal, di mana Indonesia ingin menjadi anggota atau ketua dari badan dan organisasi internasional, begitu juga sebaliknya.

Namun demikian jarak yang jauh merupakan kendala bagi peluang usaha secara B to B. “Oleh sebab itu sebuah keberanian bagi kalangan bisnis kedua negara untuk masuk baik ke pasar Indonesia ataupun sebaliknya,” ucapnya.

Menurut Sukmo, proyek-proyek kontruksi adalah peluang yang bagus bagi BUMN nasional untuk ikut tander di Panama dan Kosta Rica, Honduras atapun Nicaragua. Namun pendemi Covid-19 ini membuat semua ngerem mendadak.

“Saya yakin setelah Pendemi berakhir jika Berbagai usaha termasuk UKM berani Pameran dagang di Panama maka Potensi Marketnya akan terbuka lebar, termasuk sektor pariwisata, dan salah satu peluang sexy lainya adalah masuk berinvestasi lahan sawit di Panama,” pungkasnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.