Rabu, 3 Juni 20

PAN Sindir Anggota KMP yang Menolak Perppu

PAN Sindir Anggota KMP yang Menolak Perppu

Jakarta – Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi menegaskan bahwa partainya akan tetap berada dalam Koalisi Merah Putih (KMP) meski disisi lain PAN juga harus mendukung Peraturan Pemerintah Penganti Undang-Undang (Perppu) Pilkada di DPR.

Tanggapan ini muncul setelah isu mengenai Perppu Pilkada kembali diperbincangkan oleh masyarakat dan juga para politisi. Terlebih, salah satu partai pendukung‎ KMP, secara resmi yang sudah menyatakan menolak Perppu dan mendukung Pilkada melalui DPRD. Sikap tersebut dinilai oleh Viva telah menyalahi kesepakatan awal di KMP.

“Kami tetap komitmen dengan apa yang disepakati di Koalisi Merah Putih. Komitmen ini merupakan ikatan moral politik,” ujarnya, saat dihubungi, Senin 8/12/2014).

Menurut Viva, KMP sejatinya sudah mendukung Perppu Pilkada bersama dengan Partai Demokrat. Karena itu jika ada ‎ada salah satu anggota koalisi yang ingin keluar dari prinsip-prinsip kesepakatan awal maka, Viva menganggap sikap politiknya tidak jelas.
“Dalam politik itu butuh ketegasan, tidak abu-abu,” jelasnya.

Sikap PAN ini sebelumnya juga berbeda. Partai berlambang matahari putih ini pernah juga mendukung Pilkada melalui DPRD. Dukungan itu disampaikan saat awal-awal bergabung mendukung Prabowo Subianto. ‎Namun, akhirnya PAN kembali berubah sikap mendukung Pilkada langsung sesuai dengan keinginan Partai Demokrat.

‎Untuk mendukung Perppu Pilkada, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono telah bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Keduanya sepakat akan menyatukan visi misinya untuk mendukung Perppu di DPR bersama Koalisi Indonesia Hebat dan juga beberapa partai dari KMP. (Abn)

 

Related posts