Kamis, 26 Mei 22

Pameran Indocomtect 2016 dan Target Pemerintah di Industri Teknologi

Pameran Indocomtect 2016 dan Target Pemerintah di Industri Teknologi

Jakarta, Obsessionnews.com – Perkembangan teknologi tidak bisa terbendung lagi, gaya hidup masyarakat telah berubah dengan memilih sesuatu yang praktis  dan sedikit demi sedikit meninggalkan cara konvensional, hal ini tercermin pada Industri Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) yang berperan terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Nasional.

Pemerintah Indonesia bahkan memproyeksikan pertumbuhan industri TKI domestik dapat menembus lebih dari 11 persen per tahun, hal tersebut dapat tercapai lantaran seiring rampungnya proyek pembangunan broadband serat optik (Palapa Ring) pada akhir 2018.

Selain itu, adanya target Indonesia sebagai negara ekonomi digital pada 2020, digitalisasi di sektor swasta dan layanan publik oleh negara, pesatnya pertumbuhan kelas menengah, serta dominasi kaum muda dalam struktur demografi Indonesia juga kian mendorong pertumbuhan industri TIK.

indocomtech-2

Perkembangan serta target tersebut menjadi perhatian PT Bank Rakyat Indonesia dengan mengadakan pameran teknologi BRI Indocomtech 2016, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengungkapkan pasar Information Communication and Technology (ICT) memiliki potensi yang baik di Indonesia.

“Dan harus kita maksimalkan. Untuk itu, Kemkominfo fokus mendorong sektor telekomunikasi di Indonesia, dengan fokus utama pada pengembangan jaringan broadband di seluruh Indonesia. Itu sebabnya, kami sangat mendukung keberadaan pameran ini sebagai pendukung ekosistem pita lebar untuk mewujudkan target agar Indonesia bisa menjadi negara ekonomi digital terbesar di dunia tahun 2020 nanti,” tuturnya, Rabu (2/11/2016)

Pameran teknologi persembahan BRI yang mengangkat tema “Gadget is Everywhere” ini memiliki makna tersendiri, pasalnya tema tersebut lantaran mencerminkan keberadaan gadget yang dibutuhkan dalam aspek-aspek penting kehidupannya sehari-hari.

BRI Indocomtech 2016 memiliki konsep guna mengedukasi masyarakat bahwa saat ini potensin dan manfaat gadget sangat besar. Salah satunya terdapat topik menarik yang dihadirkan di dalam pameran tersebut adalah mengenai perkembangan Smart City dan Smart Home yang bekerja sama dengan QLUE dengan menghadirkan sebuah experience area yang memberikan edukasi akan konsep Smart City dengan cara yang seru dan interaktif.

indocomtech-3

“Guna memberikan pengalaman dan pengetahuan yang baru bagi pengunjung, pameran ini menghadirkan gambaran Jakarta Smart City bekerja sama dengan QLUE di area Lobby, dan sebuah Smart Home yang akan memberikan gambaran akan sebuah rumah yang terlah terkoneksi dengan teknologi internet hasil kerja sama dengan MNCPLAY SMARTHOME. Kami berharap program-program inovatif ini memberikan informasi dan edukasi yang tepat sasaran bagi masyarakat luas.” kata Dewan Pembina Yayasan APKOMINDO, Chris Irwan Japari.

Pameran ini terselenggara di area seluas 17.000 meter persegi, didukung total 300 peserta, dan di tahun ini, BRI Indocomtech 2016 menghadirkan dan memfasilotasi peserta yang berasal dari luar negeri. Tak hanya itu pameran ini juga menjadi ajang pertemuan antara para pengusaha TIK Indonesia dengan para pemain industri dari luar negeri.

Masing-masing sebanyak 100 peserta hadir dari China, Taiwan dan Hongkong, terdapat juga program business matching untuk membangun jaringan bisnis antara pengusaha lokal dan para pengusaha internasional.

Dengan program business matching pada BRI Indocomtech 2016 para pelaku industri untuk menjalin hubungan serta menciptakan kolaborasi bisnis yang berpotensi memperkuat usaha mereka dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. (Aprilia Rahapit)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.