Minggu, 3 Maret 24

Pameran Halal Fair Series, Akselerasi Pengembangan UMKM dan Industri Halal

Pameran Halal Fair Series, Akselerasi Pengembangan UMKM dan Industri Halal
* Acara pembukaan Pameran Halal Fair Series yang dikelola oleh Wahyu Promo Citra yang berlangsung selama tiga hari hingga 10 Desember 2023 di Hall 3-3A, ICE BSD, Tangerang, Banten, Jumat (8/12/2023). (Foto: Wahyu Promo Citra)

Obsessionnews.com – Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DKI Jakarta Tito Maulana meresmikan pembukaan Pameran Halal Fair Series. Event ini, yang dikelola oleh Wahyu Promo Citra yang berlangsung selama tiga hari hingga 10 Desember 2023 di Hall 3-3A, ICE BSD, Tangerang.

Berlangsung bersamaan dengan Halal Indonesia International Trade Show (HIITS), Pameran Halal Fair Series mengusung slogan “The Most Inspiring Halal Event” dengan menggabungkan konsep Business to Customer (B2C) dan Business to Business (B2B).

Dalam sambutannya, Tito mengapresiasi konsistensi Wahyu Promo Citra yang telah menyelenggarakan Halal Fair Series sejak 2019.

“Event ini sebagai wahana strategis untuk menciptakan pasar produk halal yang kondusif, memperkuat ekosistem halal, dan memberikan kontribusi bagi pengembangan UMKM halal,” ujar Tito dalam keterangan tertulis Wahyu Promo Citra , Jumat (8/12/2023).

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir dalam pernyataannya berharap bahwa Halal Fair & Halal Indonesia International Trade Show 2023 dapat mendorong percepatan pengembangan UMKM untuk go global dan sekaligus memperkuat industri halal di Indonesia. Menurutnya, kekuatan industri halal akan menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi.

Project Director Wahyu Promo Citra Satrio Sukur menyatakan, event ini menjadi momentum bagi produk-produk UMKM lokal berkualitas untuk tampil, memberikan solusi dan pilihan yang tepat bagi konsumen. Ia menekankan pentingnya memperkuat ekosistem ekonomi halal melalui penyelenggaraan event yang mendorong perkembangan gaya hidup halal dan meningkatkan kesadaran pelaku usaha, terutama terkait pengurusan sertifikasi halal.

Selama penyelenggaraan Halal Fair–HIITS 2023, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) berkomitmen memberikan konsultasi dan layanan sertifikasi halal secara gratis. Mereka juga memberikan kesempatan bagi pelaku usaha untuk memperluas jejaring melalui kerja sama kemitraan dengan pelaku usaha dalam dan luar negeri.

Halal Fair – HIITS 2023, sebagai gelaran pamungkas tahun ini, diikuti oleh 250 exhibitor dari dalam dan luar negeri, termasuk Malaysia, Palestina, Filipina, Jepang, Arab Saudi, dan Amerika Serikat (AS). Acara B2B diselenggarakan secara hybrid melibatkan rangkaian seminar edukasi bisnis ekspor-impor, workshop, buyers night, hingga business matching.

Gelaran B2C akan diramaikan dengan bazar produk dari berbagai sektor bisnis seperti Food & Beverage (F&B), fashion, travel agent, sekolah, dan buku Islam. Halal Fair – HIITS 2023 juga menjadi ajang penguatan kapasitas UMKM halal dan peningkatan literasi ekonomi dan keuangan syariah, dengan menyajikan berbagai acara seperti halal talkshow, halal beauty class, halal food talk, cooking & live baking show, sampai parenting.

Halal Fair – HIITS 2023 menawarkan program Jumat Belajar yang memberikan kesempatan bagi sekolah untuk belajar ke Halal Fair di hari Jumat. Program ini memberikan tiket gratis untuk guru, buy 1 get 1 free tiket untuk pelajar, serta konten pendidikan bersama peserta Halal Fair.

Selain itu, pengunjung beruntung dapat memenangkan giveaway menginap di hotel selama 1 malam yang disponsori oleh brand Atelier Angelina. Program kepedulian lingkungan Cleancycle Initiatives juga diperkenalkan, yang melibatkan pengelolaan sampah terpadu Halal Fair.

Dalam kesempatan ini, Halal Fair berkolaborasi dengan Jago Syariah sebagai partner sponsor. Jago Syariah siap memberikan keuntungan bagi nasabah, termasuk tiket gratis bagi nasabah baru dan bonus rezeki bagi nasabah yang bertransaksi menggunakan QRIS Jago Syariah pada UMKM tertentu.

Halal Fair – HIITS 2023, yang sebelumnya bernama Halal Indonesia Expo (HIEX) pada tahun 2019 dan 2022, telah mengalami re-branding menjadi Halal Indonesia International Trade Show (HIITS) dengan skala yang lebih besar. Event ini diharapkan tidak hanya memajukan industri halal di Indonesia tetapi juga memperkuat posisi Indonesia dalam pasar halal global. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.