Sabtu, 20 April 24

Pameran Batu Mulia di Tasik Hasilkan Transaksi Rp 10 Miliar!

Pameran Batu Mulia di Tasik  Hasilkan Transaksi Rp 10 Miliar!

Tasikmalaya, Obsessionnews – Asosiasi Perajin, Pengusaha, Petambang, dan Penggemar Batu Alam Tasikmalaya (AP4-BAT), menggelar pameran batu mulia di halaman gedung Setda lama Pemkab Tasik, Jl. Pemuda, 17-19 April lalu. Nilai batu yang dipamerkan mencapai Rp 5 miliar hingga Rp 10 miliar.

Untuk ajang pameran batu hias jari dilabeli “Tasik Gemston Expo II. Batu Tasik Memang Asik”. Peserta ada yang dari luar Tasik, seperti asal Ambon, Maluku, Jakarta, Kab.Garut.

“Angka pasti memang belum selesai dihimpun. Tapi kami nyakin, total nilai transaksi mencapai lebih dari Rp 10 miliar,” ujar Eko, Ketua Panitia Pameran.

Sejumlah jenis batu ternama dan unik asal Tasik, bertengger di ajang pameran. Bahan batu menyebar luas di wilayah selatan Kab.Tasikmalaya. “Dari hulu ke hilir produksi, kita akan coba bangun sistem bawa dari hulu ke hilir (di kota) untuk memasarkan batu mulia ini,” papar Eko.

Tujuan pameran sendiri, menggaungkan potensi daerah di khasanah batu hiasan ini ke khalayak luas.

Yang tak kalah menyertai semarak pameran ini, akan ada kegiatan pelatihan poles batu, bagi para perajin dengan menggunakan eks gedung Dewan di sekitar hal setda lama.

Yang jadi topik pelatihan dengan menghadirkan narasumber dari PT Antam, pencerahan memilih memilah bahan batu dalam proses produksi yang tepat, sehingga menghasilkan corak batu bernilai atas jenisnya dan berkualitas. Juga diisi dengan ceramah umum pakar batu mulia populer/ahli geologi, Ir H Sudjamiko Dipl.Ing. Plus ide penyelenggara, mengadakan kontes batu mulia.

Batu Jasperbatu-jasper
Salah satu jenis batu mulia asli Tasikmalaya adalah Batu Jasper yang termasuk ke dalam kategori batu kuarsa kristal (Kristal Quartz) seperti halnya dengan Kristal Agate (Akik), Kristal Amethyst (kecubung), Kristal Chalcedony, Onyx (batu krisopras) dan Permata Jasper.

Batu Jasper terbentuk dari proses pemanasan secara hidrotermal selama berjuta-juta tahun lamanya yang berasal dari abu-abu gunung api yang dimuntahkan dan terendapkan di laut yang pada akhirnya berubah menjadi bongkahan batu jasper.

Batu Jasper yang memiliki kadar kekerasan sekitar 7 skala mohs dan berat jenis antara 2,5 dan 2,9 memiliki banyak pilihan warna seperti coklat, merah, hijau, kuning, hitam, Pancawarna dan sebagian diantaranya memiliki unsur besi sehingga magnet bisa menempel pada batu ini.

batu jasper merah putih

Selain itu batu Jasper juga mengandung berbagai jenis mineral seperti galena, pirit, kristal-kristal kuarsa, tembaga dan sebagainya.

Batu jasper memiliki banyak ukuran bahkan ada yang mencapai 5 meter yang diperkirakan memiliki bobot sekitar 50 ton.

Tentunya dengan pesona keindahan, keunikan dan ukuran batu jasper tersebut maka batu jasper termasuk salah satu fenomena alam yang memiliki daya eksotis bagi para pecinta batu mulia di Indonesia dan mancanegara. (dari berbagai sumber)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.