Sabtu, 23 Februari 19

Palapa Ring Ibarat Tol Langit

Palapa Ring Ibarat Tol Langit
* Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bersama Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara melakukan uji coba jaringan Palapa Ring Tengah di Kepulauan Sangihe, Kabupaten Tahuna, Sulawesi Utara, Jumat (18/1/2019). (Foto: Sri Mulyani/Facebook)

Jakarta, Obsessionnews.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bersama Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengunjungi Kepulauan Sangihe, Kabupaten Tahuna, Sulawesi Utara, untuk melakukan uji coba jaringan Palapa Ring Tengah, Jumat (18/1/2019).

Sri mengaku senang karena dengan adanya koneksi jaringan Palapa Ring itu wilayah merupakan wujud dari membangun Indonesia dari pinggiran serta dapat menyatukan seluruh Republik Indonesia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Sri Mulyani/Facebook)

“Konsep daerah terluar semestinya hanya masalah geografis, tapi mereka tidak boleh merasa terpencil atau tidak terkoneksi dengan jaringan. Anda boleh saja berada di wilayah terpencil dan terpelosok Indonesia, namun harus tetap dapat terhubung karena terfasilitasi dengan infrastruktur jaringan komunikasi yang baik,” kata Sri seperti dikutip obsessionnews.com dari laman Facebooknya, Sabtu (19/1).

Hal ini, lanjutnya, adalah pemenuhan tekad pemerintah di bawah kepimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membangun infrastruktur dengan menggunakan APBN, non APBN atau instrumen keuangan yang tersedia.

Sementara itu Rudiantara mengungkapkan, jaringan Palapa Ring ini ibarat jalan tol untuk internet.

“Kalau kita punya tol laut, tol darat, maka Palapa Ring adalah tol langit,” tandasnya.

Internet ini dipersembahkan untuk masyarakat dengan koneksi yang cepat dan murah. Target dari Kementerian Komunikasi dan Informasi pada tahun 2020 tidak ada desa yang tidak punya akses internet. Tidak ada kantor Koramil yang tidak terhubung, tidak ada lagi kantor Polsek yang tidak terhubung.

Sri di laman Facebooknya menyatakan keoptimisannya, bahwa pembangunan infrastruktur jaringan ini luar biasa penting untuk menunjang pemerintah dalam fokus membangun sumber daya manusia Indonesia.

“Kita tidak mungkin meningkatkan kualitas sumber daya manusia tanpa adanya infrastruktur yang memadai,” tegasnya. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.