Rabu, 26 Januari 22

Pakar Hukum Menilai Ahok Layak Ditahan

Pakar Hukum Menilai Ahok Layak Ditahan
* Praktisi hukum Niko Adrian. (Foto: Lintas7.com)

Jakarta, Obsessionnews.com – Praktisi hukum Niko Adrian SH MH menila, Kejaksaan Agung dan Polri mestinya melakukan penahanan terhadap Gubernur DKI Jakarta non aktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Sebab, kasus ini sudah dinyatakan lengkap atau P21.

Menurutnya, penahanan perlu dilakukan apabila ada upaya hukum penangguhan atau pengalihan tahanan, karena ada yang menjamin untuk menjadi tahanan rumah atau kota dengan alasan jelas itu lain hal.

“Tahan saja (Ahok), bahwa nanti ada upaya hukum lain untuk menjadi tahanan rumah atau kota karena ada yang menjamin dari istri atau tim sukses dengan alasan beliau sedang mengikuti kampaanye Pilkada itu soal lain, bisa saja dilakukan,” ujar Dosen Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia (FH UKI) saat diskusi kasus Ahok di Pondok Cempaka City, di Cempaka Putih Barat 17B, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Sementara itu, di tempat yang sama Habib dr. H. A Hasan Arifin Haddad menilai kasus Ahok tidak murni persoalan agama, melainkan ada kaitannya dengan politik. Lantaran kasus ini berbarengan dengan Pilkada, sehingga tidak mungkin akan terjadi perang.

“Perang salib itu bukan perang agama, perang penguasa yang waktu itu beragama Islam dengan penguasa yang beragama Kristen untuk memperebutkan wilayah. Jadi bukan perang agama, tapi perang memperebutkan kekuasaan,” tegas Habib Hasan Arifin.

Namun begitu, mantan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jakarta ini berharap, Ahok tidak lagi membuat pernyataan-pernyataan yang bukan domainnya, sehingga menjadi kontroversi di masyarakat. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.