Minggu, 26 September 21

Pakar Bahasa, Laporan Sudirman Bisa Diterima

Pakar Bahasa, Laporan Sudirman Bisa Diterima
* Rapat MKD mendengarkan pakar bahasa

‎Jakarta, Obsessionnews – Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) memanggil pakar bahasa dari Universitas Nasional Dr Yayah Bachria Mugnisjah untuk dimintai keterangan terkait kontroversi legal standing laporan Menteri ESDM Sudirman Said terhadap Ketua DPR Setya Novanto.

Menurut Yayah, pasal 5 dalam aturan tata tertib MKD tidak bisa dijadikan dasar bagi MKD untuk menolak laporan Sudirman Said. Ia mengatakan, ada pasal-pasal lain yang masih berkaitan dengan pasal yang menguatkan tentang syarat pengaduan.

Misalnya kata dia, di pasal 1 ayat 10 atau dibagian umum disebutkan bahwa setiap orang berhak untuk melaporkan dugaan pelanggaran kode Etik anggota DPR, tanpa terkecuali seorang menteri.
“Memang bunyinya ada setiap orang. Kan setiap orang tidak memandang status pejabat,” katanya di DPR, Selasa (24/11/2015).

Di dalam pasal tersebut dijelaskan, mengenai masyarakat dan perseorangan. Dalam kasus Setya Novanto, menurut Yayah bisa diterima lantaran menteri termasuk juga perorangan dan juga bagian dari masyarakat.

“Dibagian bagian pengertian kan cukup jelas setiap orang, kalau setiap orang kan, tidak dibatasi, statusnya juga tidak persoalkan, karena kan menurut saya, ini kan dia termasuk perseorangan ‎cuman statusnya kebetulan dia menteri,” jelasnya.

‎Pada saat MKD mendengarkan keterangan dari Yayah, rapat bersifat terbuka. Namun setelah itu rapat kembali tertutup. Ketua MKD Surahman Hidayat mengatakan, rapat tertutup untuk memutuskan apakah sidang kasus Setya Novanto bisa dilanjutkan atau tidak.

“Forum ini kan hanya mendengarkan, kalau putusnya di dalam rapat internal,” ucapnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.