Sabtu, 20 April 24

Pakai KB Bikin ASI Seret, Mitos Atau Fakta?

Pakai KB Bikin ASI Seret, Mitos Atau Fakta?
* Ilustrasi ibu menyusui. (Foto: Info sehat)

Jakarta, Obsessionnews.com – Alat kontrasepsi atau KB masih menjadi cara yang kerap dipakai oleh perempuan untuk menunda kehamilan. Namun sering kali KB bisa memberikan efek samping sehingga penggunanya merasa tidak cocok. Tak terkecuali penggunaan KB pada ibu menyusui.

Banyak para ibu-ibu enggan menggunakan KB karena khawatir produksi ASI menurun. Para ibu seringkali berpikir bahwa pemakaian KB jenis apa pun dapat membuat produksi ASI menurun, yang akhirnya membuat mereka tak menggunakan KB. Apakah itu mitos atau fakta?

Dengan rasa khawatir itu, tak jarang juga yang berpikir bahwa menyusui dapat menjadi KB alami yang bisa menunda kehamilan selanjutnya. Sayangnya, KB alami cenderung diragukan serta memiliki syarat utama.

“KB ada tiga syaratnya, yaitu bayi masih di bawah enam bulan, ibu harus menyusui langsung terus menerus, serta ibu belum menstruasi sejak nifas,” ujar Konselor Laktasi, dr. Ameetha Drupadi, CIMI di Jakarta, Kamis, (1/8/2019).

Menurut Meetha, terdapat jenis KB yang tepat untuk ibu menyusui. Sehingga pemakaian KB sangat aman dan dianjurkan karena tidak membuat produksi ASI menurun.

“KB ada yang hormonal dan non-hormonal. Untuk yang hormonal ada pil KB, implan dan suntik yang isinya hanya progesteron sehingga bisa membuat ASI-nya tetap lancar. Kalau non-hormonal yaitu IUD yang aman juga untuk menyusui,” kata dia.

Dengan begitu jelas, tidak semua KB bisa memberikan dampak negatif bagi ibu menyusui. KB tetap dianjurkan bagi wanita agar jarak kehamilan tidak terlalu dekat. Dokter menyarankan agar jarak kehamilan anak itu 4-5 tahun, agar anak bisa mendapat kasih sayang yang maksimal dari orang tuanya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.