Minggu, 25 Oktober 20

Pakai Busana Adat Jambi, Puan Maharani Dapat Pujian dari BMKJ

Pakai Busana Adat Jambi, Puan Maharani Dapat Pujian dari BMKJ
* Ketua DPR RI Puan Maharani.

Jakarta, Obsessionnews.com – Ada pemandangan menarik dalam upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 hari ini (17/8/20). Saat hadir di Istana Merdeka, Jakarta, Ketua DPR RI Puan Maharani terlihat mengenakan Tekuluk Bai Bai pakaian adat dari Jambi.

Dalam busana adat Jambi yang ia kenakan tersebut, Puan memilih perpaduan warna merah, hitam, dan emas. Penampilan Putri mantan Presiden Megawati Soekarnoputri tersebut sontak mengundang perhatian warganet.

Ketua BMKJ Jakarta Muslimin Tanja mengapresiasi pilihan Puan mengenakan pakaian adat Jambi dalam acara sakral kenegaraan seperti saat ini. Muslimin berterima kasih karena apa yang dilakukan oleh cucu dari pendiri bangsa Bung Karno tersebut telah mengangkat nama Jambi di mata nasional.

“Kami sebagai warga Jambi tentu sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas perkenan Mbak Puan memakai pakaian adat Jambi,” kata Muslimin.

Tekuluk, kata Muslimin, merupakan salah satu warisan tradisi kebudayaan sekaligus bukti sejarah Bangsa Melayu di Jambi. Tekuluk yang berfungsi sebagai penutup kepala bagi kaum wanita ini merupakan pakaian tradisional yang dulu dikenakan dalam keseharian seprti mengurus rumah, ke ladang, kenduri, acara keluarga, dan lain sebagainya.

Diakui Muslimin, memang setiap wilayah di Jambi memiliki model Tekuluk yang berbeda. Dan setiap model Tekuluk juga memiliki makna filosofis dan ada nilai tersendiri.

Muslimin menjelaskan, sebenarnya banyak hal dari Jambi seperti khasanah kebudayaan, adat istiadat dan potensi alam serta wisata yang layak diketahui orang luar Jambi. Dia berharap potensi Jambi ini bisa diangkat dan dilihat oleh publik luas hingga manca negara. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.