Sabtu, 20 April 24

Paiman Raharjo dari Tukang Sapu hingga Satpam Sekarang Jadi Rektor

Paiman Raharjo dari Tukang Sapu hingga Satpam Sekarang Jadi Rektor
* Rektor Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Jakarta. (Foto: Tanto/obsessionnews.com)

Obsessionnews.com – Kalau soal perjalanan karier dan hidup Prof. Dr. H. Paiman Raharjo, M.M, M.Si memang jagonya. Betapa tidak, seorang tukang sapu yang tak mengenal menyerah dan terus berjuang meningkatkan kualitas hidup dan kemampuannya sampai kemudian takdir pun menjelmakannya sebagai seorang profesor hingga kemudian menduduki jabatan Rektor Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Jakarta.

“Saya bekerja di Yayasan Gembala Baik Jatinegara Jakarta Timur sebagai tukang sapu dan tukang kebun,” ujar pria yang akrab disapa Paiman dikutip dari Majalah Men’s Obsession, Senin (5/6/2023).

Dalam menjalani kariernya sebagai tukang sapu, pria kelahiran Klaten 15 Juni 1967 ini mengaku sering mendapat cobaan hidup yang luar biasa. Ia kerap direndahkan karena keadaan. Tapi hal ini tidak membuat Paiman frustasi dan menyerah, malah justru membuat semangatnya untuk mengubah nasib menjadi lebih baik.

Saat itu ia bercita-cita ingin melanjutkan sekolah ke jenjang Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA). Usai mendapat izin dari tempatnya bekerja, Paiman lalu melanjutkan sekolah di STM Budhaya Matraman Jakarta Timur. Setelah lulus STM, Paiman diangkat menjadi tenaga pengamanan (Satpam) di Yayasan Gembala Baik.

Karena Paiman adalah sosok yang haus untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas keilmuan dalam dirinya, ia mulai mencari cara agar di selasela waktu kerjanya sebagai Satpam bisa meneruskan kuliah.

“Akhirnya saya pilih shift malam dalam tugas saya sebagai Satpam. Agar siangnya dapat melanjutkan kuliah,” kenangnya.

Benar saja, keinginan tersebut terwujud. Pada 1990 Paiman kuliah di FISIP Universitas Prof. Dr. Moestopo mengambil Program Studi (Prodi) Ilmu Administrasi Negara dan lulus tahun 1994.

Tak sampai di situ, ia melanjutkan mengambil pasca sarjana. Di 1997 Paiman lulus Magister Manajemen. Kemudian diterima menjadi dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo sejak tahun 1997 dan diangkat sebagai dosen tetap FISIP Universitas Prof.Dr. Moestopo pada 1999. Di tahun 2003 mantan Tenaga Ahli Baleg DPR RI ini meraih Magister Administrasi Publik.

Sampai kemudian di 2012, akademisi yang pernah menjadi konsultan di Kementerian Koordinasi Polkam RI dan Kementerian Sosial RI ini berhasil mendapatkan gelar Doktor untuk Program Administrasi Publik di Universitas Padjadjaran, Bandung. Kapasitas Paiman sebagai pendidik semakin mumpuni di Universitas Prof. Dr. Moestopo.

Setelah dipercaya sebagai Kepala Prodi Administrasi Negara FISIP, ia kemudian menjadi Wakil Dekan FISIP lalu menjadi Sekretaris Program Pasca Sarjana, dilanjutkan jabatan Direktur Program Pascasarjana. Sampai kemudian Paiman yang sukses meraih Profesor ditunjuk menjadi Plt. Rektor hingga kemudian menjadi rektor difinitif di Universitas Prof. Dr. Moestopo.

Dalam kepemimpinannya, Universitas ini meraih banyak pencapaian kualitas dan kuantitas di bidang akademik maupun non akademik.

Ada yang menarik dari sosok Paiman. Di sela-sela menjadi pengajar, Paiman juga membangun usaha melalui berwiraswasta dengan membuka beberapa usaha seperti percetakan, pengetikan dan foto copy, restoran, biro travel, membuka kost-kostan, properti dan bisnis lainnya. Tak heran jika selain sukses sebagai akademisi ia juga mumpuni sebagai pebisnis. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.