Jumat, 24 September 21

Pahlawan Sir Nicholas Winton Tutup Usia 106 Tahun

Pahlawan Sir Nicholas Winton Tutup Usia 106 Tahun

Jakarta, Obsessionnews – Akhirnya Pahlawan Inggris yang sederhana Sir Nicholas Winton meninggal dunia dalam usia 106 tahun, Rabu lalu di rumah sakit Wexham Park di Slough, Inggris. Pernyataan dari Rotary Club of Maidenhead menyebutkan, orang yang mengenal Nicholas saat ini berduka, dimungkinkan ia termasuk Rotarian aktif tertua di dunia.

“Sir Nicholas Winton, yang dikenal sebagai “Inggris Oskar Schindler” yang telah menyelamatkan ratusan anak-anak Yahudi dari tirani Nazi dan pembantaian di Cekoslovakia, telah meninggal pada usia 106,” kata keluarganya,seperti dilansir theguardian.

Menantu dari Winton, Stephen Watson menyatakan, Pahlawan sederhana ini telah menyelamatkan nyawa 669 anak pada tahun 1939 dengan mengirimkan mereka dari Praha ke London dengan kereta api, meninggal dengan tenang dalam tidurnya di rumah sakit Wexham Park hospital in Slough.

Winton pernah membantu delapan kereta api dari Praha ke London untuk membawa anak-anak yang diduduki Nazi Cekoslovakia, dan mengirimkan mereka ke kamp-kamp konsentrasi, dan membantu menemukan keluarga angkat mereka di Inggris.

Tapi dia mengatakan tidak ada satu tindakan waktu perang untuk setengah abad, bahkan tidak istri dan anak-anak.

Dari keluarga Yahudi-Jerman, ia menerima gelar ksatria pada tahun 2003 dan Pahlawan medali Holocaust di Downing Street pada tahun 2010. Tahun lalu ia dianugerahi Order of the White Lion oleh presiden Republik, Milos Zeman pada upacara di Praha.

Ia pernah menjelaskan motivasinya kepada acara Today BBC Radio 4 tahun lalu bahwa ia sangat menyadari urgensi situasi pada tahun 1939.

“Aku tahu lebih baik daripada kebanyakan, dan tentu saja lebih baik dari politisi, apa yang terjadi di Jerman. Mereka harus, tinggal bersama kami, orang-orang yang pengungsi dari Jerman pada waktu itu. Beberapa dari mereka tahu kehidupan mereka berbahaya,” katanya.

Winton yang pada saat itu berumur 29 tahun, ketika ia tiba di Praha pada tahun 1938 untuk mengunjungi seorang teman, dan melalui komite Inggris untuk Pengungsi dari Cekoslovakia ia merasakan apa yang sedang terjadi, dan kembali ke London untuk mengatur kereta.

Penyesalan terbesarnya adalah bahwa kereta terakhir dari 250 anak-anak dicegat ketika Polandia diserbu, dan semua diyakini telah meninggal bersama dengan 1,1 juta dari Republik Yahudi di Auschwitz.

Upaya kemanusiaan yang luar biasa hanya dikenal pada tahun 1988 ketika istrinya, Grete, menemukan tas tua di loteng dengan daftar anak-anak dan surat dari orang tua mereka. Keluarganya mengambil lembar memo untuk Esther Rantzen ini Itu Program Life.

Dia akhirnya bertemu kembali dengan ratusan “anak Winton”, dan anak-anak mereka.
Sementara itu juga, beberapa film telah dibuat dari kisah hidupnya.

Perdana Menteri Inggris, David Cameron, mengatakan,” Dunia telah kehilangan orang besar. Kita tidak boleh melupakan kemanusiaan Sir Nicholas Winton dalam menyelamatkan begitu banyak anak-anak dari Holocaust”.

Melawan segala rintangan, ia hampir seorang diri menyelamatkan ratusan anak-anak, sebagian besar Yahudi, dari Nazi – contoh abadi dari perbedaan bahwa orang yang baik dapat membuat bahkan di tergelap kali.

“Karena kerendahan hatinya, kontribusi menakjubkan ini hanya terungkap bertahun-tahun kemudian,” ucap Rabbi Lord Jonathan Sacks, yang menjabat sebagai Kepala rabbi dari Amerika Ibrani Jemaat Commonwealth from 1991-2013, menggambarkan sebagai “raksasa keberanian moral”.

Lahir di London, ia menghadiri Stowe School dan bekerja di London Stock Exchange, kemudian bertugas di RAF selama perang sebelum bekerja sebagai bankir dan menjadi direktur di suatu perusahaan.

Michael Zantovsky, duta besar Ceko untuk London adalah teman dekat dengan Winton setelah mereka bertemu 20 tahun yang lalu, mengatakan dia “seorang pria yang positif dan memancarkan kebaikan”. (Popi Rahim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.