Kamis, 1 Oktober 20

Pagi Ini, Jokowi Tinjau Natuna

Pagi Ini, Jokowi Tinjau Natuna

Jakarta, Obsessionnews.com – Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan kerja ke kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (23/6/2016). Kunjungan ini diputuskan secara mendadak pasca ditangkapnya kapal ikan milik Tiongkok yang mencuri ikan di perairan Natuna, pada Jumat pekan lalu.

Presiden Jokowi akan didampingi Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Kepala Bapenas Sofyan Djalil, Seskab Pramono Anung, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan para kepala staf angkatan.

Rombongan Presiden akan terbang menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia 1 dari bandar udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur menuju ibukota kabupaten Natuna, Ranai pukul 08.00 WIB.

Sejumlah agenda penting akan digelar di kabupaten yang berbatasan dengan laut China Selatan itu. Presiden Jokowi dijadwalkan akan menggelar rapat terbatas bersama sejumlah menteri di Natuna membahas pengembangan ekonomi di kawasan tersebut. Hal ini juga untuk menegaskan kepada dunia luar, bahwa Natuna merupakan bagian dari Indonesia.

Presiden Jokowi belum pernah berkunjung ke pulau di utara Indonesia yang berbatasan dengan beberapa negara tersebut. Penerobosan dan pencurian ikan di wilayah Natuna pada pekan lalu dan sebelumnya terjadi pada Maret dan akhir Mei 2016 lalu, membuat Presiden Jokowi turun langsung ke daerah tersebut.

Natuna adalah kabupaten yang masuk Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Jika dilihat di peta, posisi Kepri sebetulnya berada di perairan jauh dari Sumatera. Natuna merupakan kepulauan paling utara di Selat Karimata.

Di sebelah utara, Natuna berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja, di selatan berbatasan dengan Sumatera Selatan dan Jambi, di bagian barat dengan Singapura, Malaysia, Riau dan di bagian timur dengan Malaysia Timur dan Kalimantan Barat.

Natuna berada pada jalur pelayaran internasional Hong Kong, Jepang, Korea dan Taiwan. Kabupaten ini terkenal dengan penghasil minyak dan gas. Cadangan minyak bumi Natuna diperkirakan mencapai 1. 400.386.470 barel, sedangkan gas bumi 112.356.680.000 barel. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.