Rabu, 27 Oktober 21

P21 Kasus BW Siap Disidangkan

P21 Kasus BW Siap Disidangkan

‎Jakarta, Obsessionnews – Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderal Budi Waseso mengatakan, berkas perkara Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) non aktif Bambang Widjojanto (BW) terkait kasus pemberian keterangan palsu sudah lengkap atau P21.

Dengan begitu, kasus Bambang akan segera dilimpahkan ke pengadilan untuk memasuki tahapan selanjutnya penuntutan, dan putusan. Namun, kata Budi, masih menyiapkan barang bukti untuk diserahkan ke Kejaksaan Agung.

“Berkas berkara sudah lengkap, penyerahan barang bukti sedang kami siapkan,” ujar Buwas sapan akrab Budi Waseso di Bareskrim, Jumat (10/7/2015).

Bambang ditetapkan sebagai tersangka, setelah KPK lebih dulu menetapkan calon Kapolri Komjen Budi Gunawan sebagai tersangka kasus gratifikasi. Bambang kemudian dituding telah menyuruh seorang saksi untuk memberikan keterangan palsu dalam sengketa Pilkada Kotawaringin Barat di Mahkamah Konstitusi (MK).

Upaya hukum untuk melawan Bareskrim sudah berapa kali dilakukan oleh Bambang, dari penggalangan opini, kemudian mengajukan gugatan praperadilan selama dua kali, meski akhirnya Bambang mencabut kembali gugatanya.

Buwas mengatakan, pihaknya saat ini juga sedang menunggu hasil pemeriksaan berkas perkara ketua KPK non aktif Abraham Samad dan penyidik KPK Novel Baswedan. Keduanya juga ditetapkan sebagai tersangka, menyusul adanya perselisihan antara KPK dengan Polri.

“Tinggal menunggu saja dari Kejaksaan untuk P21,” jelasnya.

Berbeda dengan Bambang, Abraham ditetapkan sebagai tersangka terkait tuduhan pemalsuan dokumen. Sedangkan, Novel diduga bersalah karena telah menembak pencuri sarang burung walet di Bengkulu pada tahun 2004.

Banyak yang beranggapan, bahwa penetapan ketiga pentolan KPK merupakan upaya sistematis Polri untuk melemahkan KPK. Sebab, banyak yang meyakini, bila KPK tidak menetapkan Budi Gunawan sebagai tersangka. Maka, ketika pentolan KPK juga tidak akan jadi tersangka. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.