Senin, 23 Mei 22

Orang Terpasung di Jatim Masih 712 Jiwa

Orang Terpasung di Jatim Masih 712 Jiwa

Surabaya, Obsesessionnews.com – Pemerintah Propinsi Jawa Timur terus melangkah untuk membebaskan daerah dari pasung. Upaya ini akan terealisasikan pada akhir tahun 2017. Mengingat, setiap tahunnya, di Jatim jumlah penderita gangguan jiwa psikotik  menurun.

Kepala Dinas Sosial  Jatim, Sukesi, mengatakan, bukan perkara mudah untuk membebaskan pasung di kalangan masyarakat. Khususnya mereka yang tinggal di pedesaan. Tercatat, hingga saat ini Dinas Sosial Propinsi Jawa Timur masih menemukan 712 orang tersebar di semua wilayah.

” Jumlah penderita yang masih dipasung keluarganya tersisa 712 orang dan mengalami penurunan dibandingkan data awal yang mencapai 2.179 penderita,” terangnya, Selasa, (2/8/2016).

Kata Sukesi, semua korban pasung sudah terekam dalam data e-pasung Dinsos Jatim. Pemprop bisa  memetakan wilayah dan terus memantau perkembangan penderita gangguan jiwa di Jawa Timur agar bisa cepat mendapatkan penanganan.

“Data e-pasung ini tidak kami buka karena menjaga privasi dan psikologi korban. Karena stigma masyarakat selama ini seringkali memojokkan korban, sehingga berpengaruh pada kehidupan korban,” ujarnya.

Untuk  diketahui, program e-pasung ini berbasis internet, data korban pasung dan penderita psikotik tercatat by name, by addres, by photo dan by assesment. Semuanya terdata lengkap. (Rud)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.