Rabu, 20 Oktober 21

Orang Sukses

Orang Sukses
* Hendrajit. (Foto: dok. pribadi)

Oleh: Hendrajit, Pengkaji Geopolitik, dan Direktur Eksekutif Global Future Institute

Kadang-kadang orang sukses itu, begitu kata Malcolm Gladwell yang coba saya serap intisari isi buku-bukunya, yang utama adalah sikap, baru kepintaran dan ketrampilan atau kecakapannya.

Seoang dosen di Amerika memberikan penugasan pada mahasiswanya dalam bentuk pemecahan soal atau masalah, dan dikasih waktu pengerjaan selama dua minggu. Namun, lewat mekanisme penugasan itu, sang dosen mengondisikan si mahasiswa agar tugas itu mulai dikerjakan sejak penugasan diberikan dengan batas waktu dua minggu.

Sewaktu ditanya oleh Malcolm kenapa cara seperti itu yang sang dosen terapkan, bukankah dikerjakan seminggu menjelang deadline atau tenggat waktu toh bisa selesai juga?

“Iya juga sih,” kata sang dosen kepada Malcolm Gladwell. “Tapi gini, Malcolm, yang jadi gagasan utama saya di balik penugasan tersebut bukan pada kemampuan dan pengetahuannya. Yang sedang saya lakukan adalah membentuk sikap.”

Benar juga kalau kita renungkan ya. Jangan-jangan karena kecenderungan pegawai negeri sipil (PNIS) kita yang berpedoman kalau bisa dibikin susah kenapa dibikin gampang, juga berangkat dari sebuah sikap salah yang terbentuk dalam persekolahan kita selama ini.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.