Jumat, 22 Oktober 21

Omongan “Busuk” Ahok-DPRD DKI Memalukan & Jangan Diulangi

Omongan “Busuk” Ahok-DPRD DKI Memalukan & Jangan Diulangi

Bandung, Obsessionnews – Omongan “busuk” anggota DPRD DKI Jakarta dengan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok, saat mediasi, sangat memalukan dan jangan diulangi lagi.

“Saya tidak tahu yang mengeluarkan kata-kata itu, namun kata-kata tersebut tidak patut disampaikan seorang pejabat publik,” ujar sosiolog dari Universitas Islam Negeri UIN Sunan Gunung Djati, Bandung, Prof. DR. Asep Saeful Muhtadi, Senin (9/3).

Kejadian memalukan yang disiarkan langsung stasiun TV itu, harus menjadi pelajaran bagi semua pihak. Komunikasi sosial dan politik harus tetap memelihara kesantunan, sehingga komunikasi tidak arogan.

“Anggota dewan yang marah melihat Ahok, dengan menyampaikan kata-kata kasar misalnya, apakah akan sampai pesan yang sesungguhnya kepada Ahok pasti tidak’, ucapnya.

Perkataan seseorang akan menjadi simbol seseorang, sehingga sampai atau tidaknya perkataan tersebut akan bergantung pada sopan tidaknya pesan tersebut disampaikan. Asep juga menilai adanya ketidaksanggupan mengendalikan diri yang diakibatkan situasi yang mencekam dan karena ketakutan.

“Di kampus manapun seorang mahasiswa terlatih untuk berdebat sampai menggebrak meja tanpa harus mengeluarkan kata-kata kotor,” tambahnya.

Asep mengusulkan kepada pimpinan parpol untuk merecall atau mencopot anggotanya di DPRD DKI yang terbukti mengeluarkan omongan “busuk” tersebut. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.