Senin, 29 April 24

Omicron Naik, Norwegia Malah Cabut Semua Aturan Pembatasan Covid-19

Omicron Naik, Norwegia Malah Cabut Semua Aturan Pembatasan Covid-19
* Perdana Menteri Norwegia Jonas Gahr. (AFP/CNN)

Meski Omicron sedang melonjak di dunia, Perdana Menteri (PM) Norwegia Jonas Gahr  malah mencabut semua aturan pembatasan untuk pencegahan Covid-19, seperti jaga jarak dan wajib masker, di tengah lonjakan varian Omicron di negaranya.

“Aturannya sudah lenyap. Kami mencabut rekomendasi jarak sosial,” kata PM Gahr saat konferensi pers, sebagaimana dikutip AFP, Sabtu (12/2/2022).

“Sekarang kita bisa berkumpul seperti biasa di kelab, di acara kebudayaan, serta tempat perkumpulan lain. Bisa juga berangkat dan pulang kerja menggunakan bus, kereta api, dan kapal feri,’ tegas PM Norwegia.

Dengan pengumuman ini, Norwegia mencabut semua aturan pembatasan terkait Covid-19, termasuk kerja dari rumah, jumlah maksimal orang dalam perkumpulan, dan batasan penjualan alkohol di bar serta restoran.

Aturan isolasi selama empat hari bagi yang terpapar Covid-19 juga tak lagi menjadi keharusan. Aturan ini sekarang hanya bersifat rekomendasi.

Selain itu, anak-anak yang memiliki gejala pernapasan pun tak harus dites Covid-19. Sebelumnya, mereka yang punya gejala ini harus dites untuk mendeteksi virus corona.

Meski demikian, Gahr menekankan pandemi Covid-19 belum selesai. Ia lantas menyarankan orang-orang yang belum divaksin dan kelompok rentan tetap menerapkan jaga jarak dan memakai masker.

Menanggapi pencabutan aturan tersebut, Institut Kesehatan Masyarakat Norwegia (FHI) menegaskan bahwa negara itu belum mencapai puncak kasus Omicron.

Mereka memprediksi, puncak gelombang Omicron akan segera datang. FHI menduga sekitar tiga atau empat juta orang akan terinfeksi virus corona di musim panas ini.

Sementara itu, lonjakan memang terlihat dari jumlah pasien rawat inap. Direktur FHI, Camilla Stoltenberg, mengatakan bahwa jumlah pasien Covid yang dirawat di rumah sakit melonjak 40 persen pada pekan lalu.

Hingga kini, total kasus Covid-19 di Norwegia mencapai 1 juta dengan angka kematian tercatat 1.513 jiwa. (CNNIndonesia/Ref)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.