Jumat, 10 Mei 24

Ombudsman Jakarta Raya Apresiasi Unit Layanan Paspor di Jakarta

Ombudsman Jakarta Raya Apresiasi Unit Layanan Paspor di Jakarta
* Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Jakarta Raya, Dedy Irsan tinjau unit layanan paspor di Pusat Grosir Cililitan dan Plaza Semanggi, Minggu (12/2). (Foto: Humas Kanwil Kemkumham DKI Jakarta)

Obsessionnews.com – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta sampai saat ini terus konsisten meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Hal ini diwujudkan dalam peninjauan pelayanan percepatan paspor oleh Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil yaitu Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun, Kepala Divisi Administrasi Mutia Farida dan Kepala Divisi Keimigrasian Pamuji Raharja di Pusat Grosir Cililitan dan Plaza Semanggi, Minggu (12/2).

Adapun peninjauan pelayanan ini juga
dihadiri oleh Kepala Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Jakarta Timur Rendra Mauliansyah dan Kepala Kanim Kelas I Non TPI Jakarta Pusat Wahyu Hidayat.

Animo masyarakat terhadap pelayanan paspor 1 (satu) hari ini tercatat cukup tinggi, terutama pada hari Sabtu dan Minggu. Di mana pelayanan ini terbukti memudahkan masyarakat yang membutuhkan paspor dengan segera dan tidak bisa membuat paspor pada hari kerja. Namun, pelayanan percepatan paspor ini tetap terakomodir pada hari Senin sampai Jumat melalui sistem kuota.

Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Jakarta Raya Dedy Irsan turut hadir memonitor pelayanan yang diselenggarakan oleh Kanim Kelas I TPI Jakarta Timur dan Kanim Kelas I Non TPI Jakarta Pusat. Ia pun mengapresiasi pelayanan yang dilaksanakan di weekend itu.

Dedy mengatakan, upaya percepatan layanan publik yaitu dengan membuka Unit Layanan Paspor di Mall di hari Sabtu dan Minggu yang dilakukan Kantor Imigrasi itu merupakan langkah yang sangat efektif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang tidak bisa mengurus paspor dihari kerja.

Ia pun meminta, Unit Layanan Paspor ini terus disosialisasikan kepada masyarakat luas, dan meminta pegawai imigrasi yang bertugas agar berhati-hati dalam mencatat identitas pengguna layanan agar tidak terjadi maladministrasi.

“Kami dari Ombudsman Jakarta Raya mendukung penuh layanan Imigrasi Kemenkumham ini. Saya berharap pelayanan yang sangat bagus ini terus dipertahankan dan ditingkatkan serta memaksimalkan soialisai kepada masyarakat luas,” pesan Dedy.

Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta juga menuturkan pelayanan percepatan paspor itu merupakan salah satu solusi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkan pelayanan yang cepat dan transparan.

Ia mengungkapkan, di wilayah Jakarta ada lima Unit Layanan Paspor yang telah disediakan untuk masyarakat, yaitu di Pusat Perbelanjaan yaitu Lippo Kemang Village, Lippo Puri Kembangan, Cibubur Junction, Plaza Semanggi, dan Pasar Pagi Mangga dua.

“Kami jajaran Kemenkumham DKI Jakarta akan terus meningkatkan sosialisasi pelayanan paspor ini kepada masyarakat dengan terus menyebarluaskan informasi ini,” tutur Ibnu.

“Selaras dengan Resolusi Kemenkumham Tahun 2023, Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta terus mengedepankan pelayanan dan kepentingan masyarakat demi terwujudnya pengabdian kepada Negara serta Kemenkumham yang semakin PASTI dan BerAKHLAK,” tutupnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.