Minggu, 5 Desember 21

Olivia Zalianty: Tiap Anggota Pramuka, Duta Lingkungan

Olivia Zalianty: Tiap Anggota Pramuka, Duta Lingkungan

Jakarta, Obsessionnews – Andalan Nasional Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Urusan Komunikasi dan Informasi, Olivia Zalianty terobsesi menjadi anggota pramuka sebagai duta lingkungan. ‎ Anggota pramuka diharapkan selalu peduli terhadap lingkungan sekitar.

Olivia membayangkan, bila jumlah anggota pramuka yang mencapai kurang lebih 20 juta orang punya kesadaran kolektif tentang lingkungan, maka akan sangat berarti untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, aman dan nyaman.

“Jika setiap anggota pramuka mengurangi sampah, mengurangi plastik, mengurangi konsumsi listrik dan BBM, menggunakan bahan yang bisa didaur ulang, itu signifikan bagi kemajuan Indonesia‎,” ujar Olivia di Jakarta, Jumat (27/5/2016)

Olivia sendiri pernah ditunjuk sebagai Duta Millenium Development Goals (MDGs)‎ pada 2015 yang konsen menangani persoalan narkoba dan lingkungan. Ia menyebut, berdasarkan data statistik setiap hari Indonesia memproduksi sampah sekitar 200.000 ton.

‎Sampah rumah tangga menempati urutan paling besar yakni, 48%, kemudian, pasar tradisional 24%, fasilitas publik 19%. Sedangkan untuk pengolahan sampah, 68%, diangkut dan ditimbun, 9% dikubur, 6% diolah, dan 7% tak terkelola‎.

Sementara pramuka, ‎memiliki anggota ± 20 juta orang, 34 kwartir daerah, 504 kwartir cabang dan
lebih dari 109.767 gugus depan. ‎”Menurut saya, Ini sangat potensial untuk melakukan gerakan atau upaya terhadap masalah lingkungam di Indonesia,” ungkapnya.

Artis Indonesia ini menyadari memang tidak mudah untuk membangun kesadaran kolektif kepada anggota pramuka untuk cinta lingkungan. Namun, pihaknya terus berupaya untuk menciptakan kesadaran itu.

Salah satunya dengan mengadakan kegiatan GAUL (Gerakan Aksi Untuk Lingkungan) Bersama Pramuka yang akan diadakan di Pantai Impian Jaya Ancol pada 29 Mei 2016 pagi, dengan peserta lebih dari 1000 dari penggalang, penegak, pandega, dan kakak pembina. Mereka akan membersihkan pantai Ancol dan jalan sehat.

“Gerakan ini harus dimulai, karena Gaul Bersama Pramuka tanggal 29 nanti di Ancol, Itu baru awal pencanangannya saja,” tuturnya.

Kedepan Gerakan Pramuka punya komitmen untuk menjalankan program ini selama 1 tahun dengan berbagai macam kegiatan, diantaranya ada Gaul Udara, Gaul Wisata, ‎Gaul Ilmu, Gaul Lintas, Gaul Darat, Gaul Info dan lain-lain.

Acara Gaul Bersama Pramuka tidak hanya dilakukan di Ancol tapi juga dilakukan di daerah-daerah di seluruh Indonesia, secara serentak. Peserta diminta untuk mengikuti perlombaan foto dan video selama satu tahun.

“Kita akan umumkan pemenang tahap satu pada saat Jamnas dan pemenang utama itu diumumkan tahun depan tanggal 5 Juni bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup,” jelasnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.