Senin, 10 Desember 18

“Messi Bisa Juara Piala Dunia 2022 Dengan Syarat”

“Messi Bisa Juara Piala Dunia 2022 Dengan Syarat”

Lama tak terdengar kabarnya sejak dipecat Argentina, mantan pelatih Argentina Jorge Sampaoli akhirnya buka suara dan langsung membicarakan prospek Messi menjadi juara dunia.

Sampaoli meyakini Lionel Messi masih bisa merealisasikan impian terbesarnya menjadi kampiun Piala Dunia asalkan timnas Argentina mau “berproses tanpa terputus”.

Messi sudah menjalani empat edisi Piala Dunia, namun ambisi menjadi juara dunia bersama La Albiceleste selalu kandas. Piala Dunia 2022 di Qatar menjadi kesempatan terakhir Messi mewujudkan impiannya itu mengingat ia akan berusia 35 tahun.

Pada edisi terbaru di Rusia 2018, Argentina yang dilatih Sampaoli terhenti di babak 16 besar setelah disingkirkan Prancis. Sampaoli lantas dipecat dan sejak itu tidak pernah berbicara kepada media sampai akhirnya ia buka suara pada Selasa (9/10), termasuk mendiskusikan Messi.

“Tentu saja dia bisa masih menjadi juara dunia. Tetapi ini butuh proses, terutama jika melihat apa yang terjadi dengan mereka saat ini,” ungkap Samapoli kepada Marca.

“Proses tidak boleh terputus, proses harus selalu dikoreksi. Di Piala Dunia atau Copa America selanjutnya, Argentina harus memahami proses yang dibutuhkan. Dengan kata lain, jika gagal menjadi juara Copa America, kami harus mempertahankan proses itu dan tidak memutusnya.”

“Cukup sudah dengan kegilaan ini bahwa jika Anda gagal menjadi juara maka Anda adalah seorang pecundang. Jangan seperti itu. Jika Anda percaya, semua ini akan mungkin terjadi,” imbuhnya.

Eks pelatih timnas Cile dan Sevilla ini kemudian menceritakan pengalamannya melatih Messi. Walau cuma berlangsung selama 13 bulan, Sampaoli mengaku sangat terkesan dengan Messi, bukan cuma karena talentanya, namun juga karena komitmen dan pengorbanannya.

“Sebagai pemain terbaik sepanjang masa, dia adalah sosok yang sangat berkomitmen. Leo merasakan derita yang tidak dirasakan orang lain. Dia memangku beban yang sangat berat di pundaknya,” kata Sampaoli.

“Memiliki dirinya memaksa tim Anda mengeluarkan kemampuan maksimal. Rekan-rekan yang lain harus berada di level sepertinya, tapi terkadang Anda bisa dan terkadang tidak. Itulah pertarungan yang kami hadapi setiap hari,” jelasnya.

Messi, yang sudah mengoleksi 128 caps dan 65 gol bagi Argentina, kini sedang rehat sejenak dari sepakbola internasional sampai waktu yang tidak ditentukan.

Ditanya perihal isu tersebut, Sampaoli mengelak, “Itu adalah keputusan yang sangat personal. Hanya dia yang tahu dan kita harus menghormati keputusannya.” (goal.com)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.