Jumat, 19 April 24

Cetak Rekor Hat-Trick, Messi Ungguli Ronaldo

Cetak Rekor Hat-Trick, Messi Ungguli Ronaldo
* Lionel Messi (kiri).

Lionel Messi mengungguli Cristiano Ronaldo setelah mencetak hat-trick kedelapan di Liga Champions dan menjadikannya sebagai pemain dengan torehan trigol terbanyak sepanjang sejarah kompetisi tersebut.

Hat-trick nomor delapan Messi ini membuatnya berhasil unggul atas Ronaldo. Bintang Barcelona ini sebelumnya mengantungi jumlah hat-trick yang sama dengan Ronaldo, namun ia berhasil mengungguli rival abadinya itu lewat performa bintang lima dalam laga kontra PSV Eindhoven di laga perdana Grup B di Camp Nou, Selasa (18/9).

Barca sempat kesulitan di setengah jam pertama, namun Messi berhasil memecah kebuntuan melalui tendangan bebas. Setelah Ousmane Dembele menggandakan skor, Messi lantas mencetak dua gol tambahan di sisa 13 menit.

Itulah hat-trick kedelapan Messi di kompetisi elite Eropa ini, yang menjadi catatan terbaik di era format Liga Champions (sejak 1992). Ronaldo persis membuntuti Messi dengan tujuh hat-trick.

Messi dan Ronaldo seperti tak tersentuh dalam daftar ini, karena pesaing terdekat mereka cuma membikin tiga hat-trick, yang dibagi rata oleh Mario Gomez, Filippo Inzaghi, dan Luiz Adriano.

Messi kini mengantungi 48 hat-trick sepanjang kariernya, dan mencetak gol Liga Champions lebih banyak dibanding PSV, dengan 103 gol berbanding 102 milik jawara Eredivisie tersebut.

Tak heran jika La Pulga kemudian mendapat acungan jempol dari bos Barca Ernesto Valverde. “Messi normal karena kami selalu melihat ini,” katanya kepada saluran TV Liga Champions.

“Jika ini terjadi di kita, itu tidak normal, namun ia melakukan hal-hal luar biasa dan melakukannya secara rutin,” puji Valverde.

Valverde juga menilai perekik Messi yang sukses memecah kebuntuan adalah kunci dari kemenangan ini. “Kami perlu mendobrak pertandingan dan itu [gol tendangan bebas] luar biasa,” ujarnya.

“Sulit membuat gol pertama, di babak kedua kami memulai dengan baik, mendominasi pertandingan, tapi saat skor 1-0 ada bahaya, dan dengan gol kedua kami lebih tenang,” imbuhnya.

Barca 4-0 PSV
Barcelona mengawali perjalanan Liga Champions dengan kemenangan cantik 4-0 atas PSV di Camp Nou, Rabu (19/9) dini hari WIB. Lionel Messi menjadi bintang utama seiring dirinya membukukan hattrick.

Messi pun membukukan hat-trick seiring Barcelona menang empat gol tanpa balas atas PSV.

Memasuki awal pertandingan, PSV tampil percaya diri. Gaston Pereiro melepas tembakan setengah voli, sementara Steven Bergwijn melengkungkan bola dari jarak jauh. Sayang, keduanya meleset dari gawang Marc-Andre ter Stegen.

Barca baru mendapatkan tempo permainan mereka di pertengahan babak pertama. Messi dan Philippe Coutinho menjadi aktor utama. Keduanya memaksimalkan pergerakan dan membuat lini belakang PSV kesulitan.

Gol justru tercipta dari sepakan bebas setelah Ousmane Dembele dilanggar 25 meter dari gawang. Messi jadi algojo dan dengan dingin ia meluncurkan sepakan spektakuler yang melewat pagar betis. Kiper Jeroen Zoet bereaksi tepat waktu, tetapi tak mampu menjangkau bola. Skor 1-0 untuk Barca.

Seiring berjalannya waktu, PSV kian tertekan, namun mampu mencegah Barca mencetak gol tambahan. Deretan peluang bisa diciptakan lewat Hirving Lozano walau tidak benar-benar mengancam gawang Ter Stegen. Keunggulan satu gol bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Blaugrana baru bisa mencetak gol tambahan di menit ke-75. Dembele memanfaatkan kemelut dan melancarkan sentuhan akhir nan akurat. Zoet lagi-lagi tak berkutik menghadapi permainan cantik Barca.

Dua menit kemudian, Messi menambah pundi-pundi golnya. Ia memaksimalkan umpan cungkil Ivan Rakitic dengan sepakan voli. Bola meluncur ke gawang Zoet tanpa halangan. Barcelona unggul 3-0 di menit ke-77.

Selisih tiga gol menjadi empat di pengujung laga berkat aksi penutup Messi. La Pulga mencungkil bola umpan dari Suarez, melambung melewati kepala Zoet, lalu masuk ke gawang. Pukulan telak untuk PSV, pesta besar untuk Blaugrana.

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Sergi Roberto, Pique, Umtiti, Alba; Rakitic (Vidal 85′), Busquets, Coutinho (Lenglet 81′); Messi, Suarez, Dembele (Arthur 83′)

PSV Eindhoven (4-3-3): Zoet; Dumfries, Schwaab, Viergever (Isimat-Mirin 67′), Angelino; Hendrix, Rosario (82′), Pereiro; Lozano, Bergwijn (Malen 78′), De Jong. (goal.com)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.